Kesehatan

Menteri Kesehatan Baru Sumbangkan Gajinya untuk Kurangi Defisit BPJS

ENERGIBANGSA.ID – Sebagaimana diketahui bersama, bahwa BPJS mengalami defisit. Menanggapi hal itu, Menteri Kesehatan yang baru, Dokter Terawan Agus Putranto mengaku akan menyerahkan seluruh gaji pertamanya untuk menekan persoalan defisit keuangan BPJS Kesehatan.

Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan, Jumat (25/10).

Mengutip Antara, Minggu (27/10), Terawan menyampaikan akan menyerahkan gaji pertama termasuk tunjangan kinerjanya ke BPJS Kesehatan.

Namun, ia tidak merinci jumlah gaji yang akan diserahkannya tersebut. “Gaji saya, sampai sekarang (saya) ndak tahu. Jadi, lebih baik ndak tahu saja,” ujarnya.

Kendati, inisiatif menyerahkan gaji bersifat pribadi, namun Terawan juga mengimbau jajarannya, termasuk sekretaris jenderal dan stafnya untuk menyumbang dengan kerelaan hati.

Terawan menyebutnya sebagai gerakan moral untuk bangsa Indonesia.

Di luar gerakan itu, Terawan mengaku memiliki konsep untuk menuntaskan masalah defisit BPJS Kesehatan.

Ia memberi isyarat bahwa upaya menekan defisit tak harus memberatkan masyarakat, jadi bisa dimulai dari saweran dari pejabat dan staf di Kementrian dulu.

“Terkait defisit ini sudah dibicarakan dengan tiga kementerian, Kemenkes, Kemenkeu, dan Kemenko PMK, tinggal ditindak-lanjuti saja. Tapi, ada hitung-hitungan yang akan diselesaikan oleh tim kecil,” ujar Terawan sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.com

Ia mencontohkan, efisiensi tindakan penanganan pasien penyakit jantung yang menelan biaya hingga Rp10 triliun. Efisiensi yang dimaksud dijamin tidak akan mengurangi kualitas layanan.

“Tindakan belum tentu bermanfaat, tetapi mengoptimalkan manfaat itu penting sekali,” imbuh Terawan.

Jiwa korza dan bela bangsa seorang Terawan sangat mulia. Semoga niat naik Terawan ini direspon baik orang lain sehingga menjadikan energi yang positif untuk bangsa Indonesia.

Related Articles

Back to top button