fbpx
Kabar IndonesiaNasional

Menparekraf Siap Tindaklanjuti Rekomendasi Pemulihan Pariwisata Nasional

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) – Belum lama ini Panitia Kerja (Panja) Pemulihan Pariwisata Komisi X DPR RI, menyerahkan 24 rekomendasi penting untuk pemulihan pariwisata nasional terdampak wabah COVID-19.

Sejumlah destinasi wisata tersebut kini bisa dibuka kembali dengan berbagai rekomendasi dari Komisi X DPR RI.

Hetifah Sjaifudian, Ketua Panja Pemulihan Pariwisata Komisi X DPR RI, menyerahkan 5 rekomendasi kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta Rabu (26/8).

Diungkap Hetifah, laporan Panja Pemulihan Pariwisata terdiri dari 6 bab yang berisi 24 rekomendasi.  

Pada poin pertama rekomendasi itu, Komisi X mendesak Pemerintah merumuskan kebijakan yang konsisten di bidang pariwisata sekaligus untuk membangun kepercayaan publik pada pariwisata nasional.

Ia pun berharap Kemenparekraf benar – benar menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan Panja

“Kami telah bekerja secara maraton sejak 6 Mei hingga 15 Juli 2020. Mengundang berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pelaku ekraf, komunitas pariwisata, akademisi, dan lembaga pendidikan, serta kementerian/lembaga terkait. Jadi Insya Allah laporan ini komprehensif dan telah mempertimbangkan aspirasi semua pihak,” paparnya.

Disisi lain, Menparekraf Wishnutama merespon positif dan mengapresiasi atas semua rekomendasi Panja.

Ia mengatakan ini merupakan kolaborasi yang baik antara eksekutif dan legislatif. Selanjutnya, rekomendasi ini akan ditelaah dan ditindaklanjuti.

Rekomendasi tersebut tidak saja diarahkan kepada Kemenparekraf, tapi juga kepada Pemda, BUMN, pelaku pariwisata, lembaga pendidikan, dan masyarakat.

Untuk Kemenparekraf sendiri ada 10 poin besar rekomendasi yang diantaranya pembuatan big data pariwisata dan ekonomi kreatif yang terintegrasi.

Selain itu, perlu ada pembuatan gugus tugas manajemen pemulihan pariwisata untuk menjembatani permasalahan dan mengakselerasi pemulihan pariwisata nasional. (buddy/EB/dprri).

Related Articles

Back to top button