fbpx
Ekonomi & Bisnis

Menko PKM Muhadjir: Tak Ada Potongan Dana Bansos

JAKARTA, energibangsa.id—Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan tak akan ada potongan terkait dana bantuan sosial tunai.

Muhadjir menyebut besaran dana yang disalurkan sebanyak Rp300 ribu rupiah. Dan akan diberikan melalui dua saluran yakni Bank Himbara dan pengantaran melalui PT Pos.

Adapun bansos tunai akan kembali disalurkan selama empat bulan ke depan hingga April 2021.

Wanti-wanti Presiden

“Presiden sudah mewanti-wanti tidak ada pemotongan dana bansos. Termasuk biaya transaksi di bank tidak ada”, tegas Muhadjir, Selasa (5/1).

“Begitu uang masuk ke bank harus segera dimasukkan ke rekening mereka yang berhak dan diberitahu supaya segera diambil,” tambahnya.

Muhadjir juga menyebut peran aktif masyarakat untuk melapor jika menemukan penyimpangan penerimaan bansos.

Menurut Muhadjir, sebanyak 10 juta keluarga akan menjadi penerima manfaat dana Rp300 ribu. Itu setiap bulan, hingga April 2021.

Muhadjir juga memastikan pemerintah pusat juga telah memiliki mekanisme kontrol yang melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat dalam penyaluran bansos ini.

Pemerintah telah melakukan pemetaan terhadap penerima manfaat baik secara geospasial maupun kondisi sosial ekonomi. Sehingga bantuan sosial dapat diterima tepat sasaran.

Selain ditransfer melalui himbara, dana bantuan sosial tunai ini juga akan diantar langsung oleh para petugas PT Pos Indonesia ke rumah masing-masing penerima manfaat.

Khususnya untuk masyarakat yang tinggal di daerah dengan akses perbankan yang sulit dijangkau. (*)

Related Articles

Back to top button