fbpx
Wisata & Kuliner

Menjelajah Surabaya, Wisata Kota Pahlawan yang Tak Mungkin Dilupakan

oleh Zeni Zanuba Fazriyah (Surabaya)

energibangsa.id—Surabaya adalah salah satu kota bersejarah yang memiliki cerita perjalanan panjang Indonesia menuju kemerdekaan.

Peristiwa-peristiwa penting sejarah Indonesia terjadi di kota ini, serta banyaknya tokoh pahlawan yang lahir di kota ini membuat Surabaya mendapat julukan “Kota Pahlawan”.

Berkat tragedi sejarah yang ada pada masa lalu, Surabaya sampai saat ini memiliki tempat-tempat sejarah yang masih terjaga dan bahkan masih difungsikan.  Jika kamu ingin menjelajah Surabaya, salah satu alternatifnya adalah dengan berwisata Sejarah di Kota Pahlawan.

Jembatan Merah dan Kota Tua

Banyak tempat yang kamu bisa kunjungi. Tempat pertama yang wajib dikunjungi untuk menelusur sejarah surabaya adalah Jembatan Merah Surabaya.

Menjelajah Surabaya, Wisata Kota Pahlawan yang Tak Mungkin Dilupakan

Jembatan ini dulunya menjadi saksi bisu perjuangan arek-arek Suroboyo berperang melawan Belanda. Jembatan Merah dijuluki jembatan berdarah karena tempat terjadinya tragedi berdarah rakyat Surabaya melawan penjajah.

Jembatan ini selalu tampil dengan warna khasnya merah sebagai simbol dari darah-darah pahlawan yang telah gugur disana. Tempat nya berada di Jalan Kembang Jepun No.192, Nyamplungan, Pabean Cantian, Surabaya.

Saat ini Jembatan Merah difungsikan sebagai jembatan pada umumnya, dilewati banyak orang di tengah lalu lintas kota yang ramai.

Jika kamu sampai di Jembatan Merah, bagai sekali mendayung dua pulau terlampaui. Kamu juga akan langsung berwisata di Kota Tua Surabaya  karena di area sekitar tersebut dulunya adalah pusat keresidenan kota Surabaya.

Bangunan-bangunan Belanda yang menarik masih dibiarkan terjaga sama persis seperti keadaan zaman dulu. Beberapa gedung masih berfungsi, walau ada yang beralih fungsi.

Menjelajah Surabaya, Wisata Kota Pahlawan yang Tak Mungkin Dilupakan

Menyusuri Kota Tua dan melihat suasana ramai jalanan akan membuatmu mendapat sedikit gambaran akan zaman sebelum kemerdekaan yang lalu. Tidak perlu khawatir, area ini termasuk area publik sehingga tidak perlu biaya masuk untuk menikmatinya.

Hotel Yamato

Setelah puas meyusuri daerah Jembatan Merah dan area Kota Tua, kamu dapat beralih ke tempat bersejarah lainnya, salah satunya adalah Hotel Yamato.

Indonesia memperingati hari pahlawan 10 November tiap tahun, pastinya kamu tau peristiwa penyobekan bendera Belanda dan pengibaran bendera merah putih pertama oleh arek-arek suroboyo di Hotel Yamato.

Tempat tersebut merupakan salah satu tempat sejarah lainnya yang memiliki sejarah penting. Kamu dapat pergi kesana dan melihat area hotel yang masih oriental dengan suasana Eropa Belanda pra kemerdekaan dulu.

Menjelajah Surabaya, Wisata Kota Pahlawan yang Tak Mungkin Dilupakan

Hotel ini tidak mengalami banyak renovasi untuk menjaga keasliannya. Namun Hotel Yamato sekarang berubah nama menjadi Hotel Majapahit. Kamu juga dapat menginap di sana, ketika berlibur di Surabaya.

Monumen Tugu Pahlawan

Di dekat area Hotel Majapahit, kamu dapat langsung meluncur menuju monumen Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan adalah tugu simbolik Kota Surabaya mendapat julukan Kota Pahlawan.

Di sana kamu akan melihat tugu berbetuk paku terbalik dengan tinggi sekitar 41 meter. Memiliki area lapangan yang luas akan membuatmu bebas berfoto di salah satu tempat terkenal Surabaya.

Pada area depan yang tepat selaras dengan letak tugu, terdapat patung presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Moh. Hatta yang digambarkan sedang membaca proklamasi.

Menjelajah Surabaya, Wisata Kota Pahlawan yang Tak Mungkin Dilupakan

Di antara patung tersebut, terdapat pilar-pilar yang menyerupai seperti bangungan yang runtuh, di dalamnya ada coretan-coretan pembangkit kemerdekaan. Area ini menjadi tempat yang paling diminati untuk berfoto.

Saat kamu di Tugu Pahlawan, kamu akan melihat bangunan besar berbentuk piramida yang menarik. Itu adalah Museum 10 Nopember yang dibangun dan beroperasi sejak tahun 2000. Museum ini masih satu area dengan Tugu Pahlawan, jadi tidak perlu jauh berpindah lokasi.

Di dalamnya terdapat barang-barang bersejarah dan menceritaka sejarah lengkap Kota Surabaya serta kemerdekaan Indonesia. Di sana kamu juga dapat menonton video dokumenter kemerdekaan Indonesia, dan menemukan rekaman suara Ir. Soekarno saat sedang membaca proklamasi.

Terdapat diorama-diorama yang menggambarkan peristiwa penting kemerdekaan. Selain itu, museum ini banyak memiliki koleksi pribadi dari Drs. Moh. Hatta, juga terdapat senjat senjata perang baik dari pihak Indonesia maupun Belanda (*)

Related Articles

Back to top button