fbpx
Ekonomi & BisnisKabar IndonesiaTeknologi

Menjadi Pionir, Telkomsel Kembangkan Teknologi 5G

ENERGIBANGSA.ID РSetelah menjadi perusahaan jasa telekomunikasi pertama yang sukses menghadirkan jaringan 3G dan 4G, kini PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) kembali mengembangkan jaringan 5G untuk penggunanya.

Uji coba jaringan 5G telah dilakukan bertepatan dengan momentum Asian Games 2018 lalu. Selanjutnya untuk menyempurnakan teknologi ini Telkomsel bekerjasama dengan Ericsson sebagai penyedia jaringan inti (core network).

Dilansir dari CNBC oleh EnergiBangsa, Telkomsel akan mengadopsi NFVI (Network Functions Virtualization Infrastructure) bersama dengan Ericsson Cloud Packer Core. Dengan mengadopsi teknologi Ericsson maka Telkomsel akan mendapat manfaat dari arsitektur perangkat lunak yang dapat ditingkatkan, kecepatan, efisiensi dan kelincahan, baik untuk bisnis saat ini maupun untuk peluang di masa depan.

“Solusi NFVI Ericsson siap untuk teknologi 5G dan IoT, yang akan berguna bagi semua operator dan pelanggan perusahaan. manfaat teknologi 5G akan membuat berkuranganya waktu transfer data, pemotongan jaringan khusus hingga distribusi optimal kemampuan inti jaringan, ujar Ivan Permana, Vice President Network Cloud Management Telkomsel.

Pengembangan teknologi 5G nyatanya membutuhkan alokasi spektrum yang cukup signifikan. Pemerintah harus menyediakan sejumlah 80-100 MHz spektrum secara berkelanjutan bagi setiap operator di band utama (seperti 3,5 GHz), dan sekitar 1 GHz bagi setiap operator di band millimeter wave (seperti spektrum di atas 24 GHz).

“Selanjutnya untuk tahapan komersialisasi 5G, tentunya Telkomsel menunggu izin dari pemerintah untuk membuka spektrumnya. Sedangkan kesiapan dalam hal kerjasama, kami belum menunjuk mitra jaringan untuk penggelaran 5G nasional”, imbuh Iskariono, Dirut Network Telkomsel.

Related Articles

Back to top button