Opini / Gagasan

Meningkatkan Efisiensi Pemasaran Melalui Social Media Marketing

Oleh : Dina Meinastity

ENERGIBANGSA.ID ̶ Salah satu tujuan dari dirumuskannya strategi pemasaran adalah untuk mencapai efisiensi.

Efisiensi pemasaran dapat tercapai apabila strategi yang dipilih selama proses perumusan dan perencanaan telah sesuai dengan kebutuhan pasar.

Di era digital seperti saat ini, perumusan strategi pemasaran harus memasukkan digitalisasi sebagai salah satu metodenya agar strategi yang dirumuskan dapat menjawab kebutuhan pasar dan konsumen.

Digitalisasi pemasaran dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan mengadopsi strategi pemasaran melalui sosial media atau yang biasa disebut sebagai social media marketing. 

Social media marketing merupakan serangakain proses pemasaran dengan sosial media sebagai platformnya seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga Tiktok dengan tujuan untuk memaksimalisasi promosi serta branding dari suatu produk atau jasa yang dipasarkan agar produk atau jasa tersebut dapat dijangkau oleh pasar dan konsumen.

Pengguna sosial media di Indonesia terbilang cukup masif, berdasarkan survei dalam Jurnal Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian mengidentifikasikan bahwa di tahun 2017 Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara dengan jumlah pengguna media terbanyak yaitu jumlah pengguna sosial media di Indonesia mencapai 27.000.000 pengguna.

Melansir dari Kepoilmu.com, hasil survei terbaru tentang jumlah pengguna sosial media di Indonesia yang dipublikasikan oleh situs We Are Social menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai sebanyak 175, 4 juta pengguna.

Di mana jumlah tersebut mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, dari survei yang dilakukan oleh We Are Social dapat diidentifikasi bahwa 64% dari total populasi di Indonesia adalah pengguna sosial media secara aktif.

Melihat masifnya pengguna sosial media di Indonesia, tidak heran bila social media marketing kini menjadi strategi pemasaran yang banyak digunakan dan digandrungi oleh para pelaku bisnis.

Dengan banyaknya pengguna sosial media di Indonesia, mengadopsi social media marketing dalam memasarkan produk akan dapat menjangkau banyak konsumen serta dapat meningkatkan engagement dari konsumen.

Melalui social media marketing, peluang untuk meningkatkan efisiensi pemasaran akan semakin tinggi dikarenakan social media marketing mampu menjawab kebutuhan pasar dan menjangkau pasar secara lebih luas. 

Selain itu, social media marketing dapat meningkatkan brand awareness hal ini dikarenakan banyaknya pengguna sosial media di Indonesia maka produk yang secara konsisten diunggah ke sosial media keberadaannya akan lebih dilirik dan diingat oleh masyarakat.

Selain meningkatkan brand awareness, social media marketing dapat meningkatkan feedback produk yang merupakan efek lebih lanjut dari brand awareness yang diperoleh melalui social media marketing.

Setelah produk dilirik dan diingat oleh masyarakat maka produk tersebut akan sering dibicarakan, pembicaraan tersebut biasanya dilakukan melalui interaksi langsung di sosial media di mana produk dipasarkan.

Pembicaraan dan interaksi ini disebut feedback, tidak bisa dipungkiri bahwa social media marketing dapat meningkatkan feedback produk karena konsumen dapat langsung berinteraksi untuk memberikan feedback mereka.

Di samping itu, social media marketing dapat membantu dalam mempelajari kompetitor dikarenakan banyak sekali perusahaan yang juga menggunakan strategi pemasaran jenis ini sehingga akan mudah menganalisis kompetitor.

Dari keunggulan-keunggulan social media marketing mulai dari keterjangkauan konsumen yang lebih luas, dapat meningkatkan brand awareness, meningkatkan feedback dari konsumen serta membantu perusahaan atau pelaku bisnis untuk lebih mudah dalam menganalisis kompetitor.

Semua keunggulan tersebut dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi pemasaran, yaitu pencapaian target baik konsumen maupun penjualan produk akan dapat lebih mudah untuk diwujudkan.

*Dina Meinastity, Mahaiswi FE Manajemen Univ Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button