fbpx
Wisata & Kuliner

Mengintip Pembangunan Museum Kota Lama Semarang

Oleh: Kemuning Dian Safitri, Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi dan Komunikasi USM Semarang

ENERGIBANGSA.ID—Taman air mancur Bubakan kini dalam tahap berubah menjadi Museum Kota Lama Semarang.

Pembangunan Museum Kota Lama Semarang telah sampai pada tahap 98 persen. Pembangunan selesai pada akhir Desember 2020. 

Awal mulanya, Taman air mancur Bubakan akan diubah menjadi penampungan air mengingat daerah disekitarnya menjadi langganan banjir. Namun, karena ditemukannya artefak berupa ujung benteng (bastion) dibawah bundaran Bubakan, kini dibangunlah Museum Kota Lama Semarang.

Berkonsep wisata edukasi-ekologi

“Bukan hanya menjadi museum, pembangunan tersebut nantinya juga akan menjadi kolam polder yang memiliki fungsi sebagai retensi banjir. Jadi konsepnya adalah destinasi wisata edukasi dan juga ekologi”, jelas Angel Indriasari, saat di wawancarai (8/12/2020) lalu.

Pembangunan Museum Kota Lama memberikan tantangan tersendiri bagi Angel selaku pengawas proyek museum. Karena konsep bangunan yang klasik serta digadang-gadang menjadi pelopor bagi kota-kota destinasi wisata lainnya.  

“Konsep bangunan ini banyak dilirik oleh kota-kota lain, sering ada kunjungan studi banding untuk lihat lebih dekat gimana sih cara bikinnya. Kemudian juga banyak ditiru oleh kota lain”, imbuhnya.

Masyarakat yang berada di sekitar kompleks pembangunan Museum Kota Lama merasakan adanya perubahan dalam fase pembangunan tersebut. Salah satunya Feby (33) selaku pedagang yang ada di sekitar pembangunan. 

“Iya seneng sih, soalnya juga bisa memperbaiki perekonomian masyarakat sekitar, kayak misalnya saya ini sebagai pedagang kan seneng kalo dagangannya laku, rame kayak gitu,” ujarnya.

Akhir-akhir ini pembangunan Musem Kota Semarang sedang dikebut. Agar akhir tahun 2020 Museum Kota Lama Semarang bisa segera launching.

Bahkan kini patung sebagai ikon Museum Kota Semarang sudah mulai nampak. Namun patung tersebut masih dirahasiakan wujudnya.

Selain itu dengan adanya pembangunan ini diharapkan menjadi wisata yang menarik bagi wisatawan. Sehingga Kota Semarang semakin Hebat! (*)

Related Articles

Back to top button