fbpx
Internasional

Mengenang Shinzo Abe, Jokowi : Terima Kasih Abe Untuk Persahabatanmu..

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Kabar mengejutkan datang dari negeri sakura. Perdana Menteri  (PM) Jepang, Shinzo Abe, mendadak mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya dihadapan Publik, Sabtu (29/8).

Melansir dari liputan6.com, Shinzo Abe pernah menjadi perdana menteri pada 2007, kemudian juga mundur karena alasan kesehatan. Ia lantas kembali menjabat pada 2012 hingga 2020. 

Menjabat sebagai PM terlama di negeri Sakura, ia akhirnya harus turun dari jabatannya karena alasan kesehatan untuk kedua kalinya

Hal ini pun menuai berbagai respons. Sejumlah pemimpin negara memberi ucapan dan turut memanjatkan doa kesembuhan.

Ucapan-ucapan para pemimpin negara itu beredar mulai dari media sosial hingga keterangan resmi pemerintah setempat.

Salah satunya datang dari Presiden RI, Joko Widodo. Melalui tulisan di Twitternya yang dikutip pada Sabtu (29/8/2020), Presiden Jokowi menceritakan secara singkat tentang hubungannya dengan PM Shinzo Abe.

 

Pesan dan Doa Presiden Jokowi kepada PM Jepang Shinzo Abe yang mengundurkan diri, dari jabatannya, Sabtu (28/8) melalui twitter pribadi jokowi. (sumber: twitter Jokowi)

“PM Abe adalah salah satu pemimpin dunia pertama yang saya temui ketika saya menjabat sebagai Presiden Indonesia pada tahun 2014,” tulisnya melalui akun Twitter @jokowi. 

Dalam cuitan tersebut, ia juga menambahkan bahwa di bawah kepemimpinan mereka berdua, keduanya menyaksikan hubungan bilateral yang lebih kuat antara Indonesia dengan Jepang.

Presiden Jokowi turut mendoakan kesehatan PM Abe, yang menjadi alasan utamanya mengundurkan diri. 

“Terima kasih PM Abe untuk persahabatanmu. Semoga Anda selalu sehat,” lanjut cuitan tersebut. 

Hubungan diplomatik antara kedua negara dibuka pada bulan April 1958 dengan Penandatanganan Perjanjian Perdamaian antara Jepang dan Republik Indonesia. Pada tahun yang sama ditandatangani pula Perjanjian Pampasan Perang.

Sedangkan untuk pembukaan jalur penerbangan antara Jepang dan Indonesia diadakan pada tahun 1963. (Gilban/EB)

Related Articles

Back to top button