fbpx
Energi Muda

Mengenal Wahyu Arif Rahardjo, Pemuda Grobogan yang Raih Gelar Master di Australia

ENERGIBANGSA.ID – Sobat Energi, apakah kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan mudah? ingin kuliah di luar negeri? ingin kuliah mendapatkan beasiswa?

Jika jawabanmu adalah “iya”, maka sobat energi harus belajar banyak dari Wahyu Arif Rahardjo, anak muda asal Grobogan Purwodadi penerima beasiswa LPDP 2016 dan berhasil meraih gelar master Hubungan Internasional di University of Sidney, Australia.

Di balik sosoknya yang masih muda, pemuda asli Grobogan ini menyandang gelar S2 dari University of Sidney, Australia ini memiliki rekam jejak prestasi yang memukau.

Berikut adalah sebagian dari prestasi Wahyu Arif Rahardjo yang berhasil dirangkum oleh tim energibangsa.id :

Afirmasi Scholarships, Indonesia Endowment Fund for Education, Ministry of Finance of the Republic of Indonesia

Outstanding Graduate at 22nd Graduation Ceremony of Wahid Hasyim University, 2015

2nd Runner Up, English Speech Competition by Esaweek State University of Semarang, June 2013

Winner of English Speech Contest 2013 by STIE BPD Jateng, May 2013

1st Runner Up for Male Category, Duta Bahasa of Central Java Province, October 2012

Bachelor’s Degree Scholarship by Faculty of Social and Political Science, Wahid Hasyim University, 2011.

Winner, Regional High School Debate Competition at Grobogan Grobogan, March 2006

Wahyu Arif Rahardjo pernah menjadi finalist mewakili Regional Jawa Tengah and DI Yogyakarta, Nutrifood Leadership Award, pada September 2014. Masih di bulan yang sama, ia juga pernah juga menjadi Finalis Duta Museum Jawa Tengah.

Saat dihubungi tim energibangsa.id, pemuda yang meraih gelar dan beasiswa sarjana dari Hubungan Internasional UNWAHAS itu memilih merendah.

“Apalah saya tanpa Hubungan Internasional Unwahas? siapa saya tanpa bimbingan dosen-dosen hebat? Semua yang saya dapatkan, saya persembahkan untuk almamater saya, unwahas, dan daerah kelahiran saya, Grobogan,” ujarnya pada tim energibangsa.id

Mengenal Wahyu Arif Rahardjo, Pemuda Grobogan yang Raih Gelar Master di Australia

Selain rendah hati, pemuda yang menjadi Project Assistant, Public Lecture by US Embassy di Jakarta itu juga tidak pelit ilmu. Meski sudah lulus dari UNWAHAS Semarang, Wahyu Arif tidak segan-segan bolak-balik Semarang-Grobogan atau Semarang-Yogyakarta hanya demi memenuhi permintaan bimbingan adik-adik tingkatnya di HI Unwahas.

Selain piawai berpidato Wahyu Arif Rahardjo yang kini menjabat sebagai dosen di Fakultas Ilmu Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya di UII (Universitas Islam Indonesia) ini juga sering mengikuti dan menjuarai Lomba Debat.

Di antaranya, Debater at National Debate Competition on International Humanitarian Law by International Committee of Red Cross and Department of International Relations, Gadjah Mada University, pada April 2012.

Lalu Debater at Economic Day Debate Competition, Wahid Hasyim University, May 2012. Semifinalist, National University Debate Championship, Central Java, May 2014.

Sulit untuk merangkum prestasi dosen muda satu ini, karena nilai-nilai positif dan prestasinya tidak hanya berhenti sampai di situ. Wahyu Arif Raharjo juga pernah didaulat menjadi Duta Bahasa Jawa Tengah di tahun 2012 untuk kategori Putra, bersama dengan rekannya: Mita Devi Ayu Hafsari di kategori Putri.

Selama di kampus, ia dijuluki sebagai “kokoh”, “warga asing” dan “alien” dari Grobogan, bukan karena dirinya diasingkan, namun karena dirinya dianggap lebih istimewa dibanding anak-anak muda dari daerah asalnya.

Bukan tanpa sebab ia dijuluki seperti itu. Angga Dwi Handoko, teman kuliahnya selama di Unwahas menyebutnya sebagai salah satu bintang di generasi emas Unwahas.

“Ibarat kata, Arif Raharjo itu bintang yang muncul dari kayangan, ilmunya melangit tapi perangainya tetap membumi. Sulit menemukan orang yang seperti itu,” ujarnya.

Menurut Yanuar Aris, kakak tingkatnya di Unwahas, Arif Raharjo adalah pribadi pembelajar dan memiliki rasa keingintahuan tinggi.

“Arif bukan tipe orang yang mendompleng dan bersembunyi di balik nama besar sebuah institusi. Justru dia sebaliknya, dialah yang membesarkan institusi itu,” ungkapnya.

Wahyu Arif raharjo adalah salah satu energi muda asal Grobogan yang layak diteladani semua. Semoga hal-hal positif darinya bisa ditularkan kepada energi bangsa Indonesia lainnya.

Related Articles

Back to top button