fbpx
Tokoh Kita

Mengenal Sosok Nasionalis W.R. Supratman, Sang Pencipta Lagu Indonesia Raya

SEMARANG, energibangsa.id — Wage Rudolf Supratman atau lebih dikenal sebagai W.R. Supratman adalah salah satu pemuda pelopor lahirnya Sumpah Pemuda. Ia juga dikenal sebagai pencipta lagu Indonesia Raya.

W.R. Supratman bukanlah seorang musisi pada kala itu, melainkan seorang wartawan dengan jiwa nasionalis yang tinggi. Ia juga senang bergaul bersama tokoh-tokoh pergerakan nasional.

Usianya masih 21 tahun saat Supratman membuat lagu yang kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia. lagu itu ia ciptakan setelah membaca sebuah surat kabar yang menantang ahli musik di Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan.

Pikirannya terusik ketika membaca majalah Timbul yang menuliskan tentang alangkah baik apabila ada seorang pemuda Indonesia yang menciptakan lagu kebangsaan bagi Indonesia.

Hasratnya pun semakin tinggi setelah Indonesische Studieclub yang dipimpin Soekarno menyiarkan berita bahwa Indonesia memerlukan segera lagu nasional.

Lagu Indonesia Raya karangan W.R. Supratman ini pertama kali berkumandang pada penutupan  Kongres Pemuda II yang diadakan di rumah Sie Kong Liong, Jalan Kramat Raya 106 Jakarta, pada 28 Oktober 1928.

Pertama kali diperdengarkan, lagu Indonesia Raya hanyalah sebuah instrumental dengan menggunakan biola yang dimainkan oleh Supratman.

Indonesia Raya sempat menjadi perdebatan dikala Jepang maupun Belanda menduduki Indonesia. Sempat beberapa kali Jepang mengubah lirik lagu yang asli, begitupula Belanda yang sempat khawatir dengan isi lagu yang dianggap menggelora dan dapat memberikan semangat bagi rakyat Indonesia.

Terutama pada lirik ‘merdeka, merdeka’, Belanda bahkan langsung menginterogasi Supratman terkait lirik tersebut yang kemudian diubah oleh Supratman menjadi ‘mulia, mulia’.

Sebagai bentuk penyebarannya, pada 10 November 1928, lagu Indonesia Raya dipublikasikan pada surat kabar Melayu – Tionghoa, Sin Po, yang memuat lagu dan notasi Indonesia Raya pada edisi No. 293.

Tak hanya itu, Supratman juga menyebarkan karyanya lewat piringan hitam bahkan menjualnya dalam bentuk partitur lepas.

Penetapan lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan bangsa Indonesia dikukuhkan dalam Kongres Rakyat Indonesia yang digelar Gabungan Politik Indonesia (Gapi) pada Desember 1939.

Untuk mengapresiasi karya W.R. Supratman pemerintah Indonesia menetapkan hari kelahirannya yang jatuh pada 9 Maret menjadi Hari Musik Nasional.

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button