fbpx
Energi Muda

Mengenal Siti Cholifah; ‘Pendekar Perempuan’ dari Ekonomi, Olahraga, hingga Politik

ENERGIBANGSA.ID – Wajahnya manis, kulitnya putih bersih, perangainya juga lembut. Sekilas tidak ada yang menyangka jika gadis bernama lengkap Siti Cholifah, S.Pd ini adalah atlet pencaksilat.

Bahkan dari beberapa kejuaran bela diri yang ia ikuti, Oliv, sapaan akrabnya berhasil memboyong gelar juara.

Ternyata, Oliv memang menggeluti ilmu bela diri sejak kecil. “awalnya dulu ikut pencak silat dulu, setelah itu wushu,” kisahnya.

Usianya masih terbilang muda, namun kiprahnya di dunia sosial membuat gadis asal Kudus ini didaulat sebagai Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial di DPW Nasdem Jawa Tengah.

Muda Berprestasi

oliv siti cholifah S.Pd
Oliv Siti Cholifah S.Pd, Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPW Nasdem Jateng (doc energibangsa.id)

Secara intelektual, prestasi akademik dari alumnus Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Wahid Hasyim ini juga terbilang cukup wah. Terbukti bahwa Oliv pernah menjuarai beberapa lomba semasa sekolah dan kuliah dulu.

“dulu di SD Juara 3 mapel IPS Nasional di Trans7,” kisahnya. “sewaktu SMA pernah Juara 2, pencak silat tingkat provinsi, pernah juga juara 1 sprinter Kabupaten Kudus,” kisahnya pada energibangsa.id

Dari semua olahraga, Oliv yang juga merupakan lulusan SMKN 1 Kudus mengaku jatuh cinta pada bela diri. Sehingga saat sekolah dan kuliah, cabang olahraga yang ditekuni adalah bela diri.

“Kejuaraan nasional wushu juara tiga, pencak silat juga juara tiga,” kenangnya.

Dari Ekonomi Hijrah ke Olahraga

Pemilik tinggi 165cm ini, mengaku memiliki passion di bidang ekonomi. Terutama Manajemen Bisnis dan Pemasaran.

“makanya dulu awalnya saya kuliah ambil jurusan ekonomi, tapi setelah tiga semester pindah jurusan ke PJKR,” ujarnya.

Kholifah tak menampik bahwa kecintaannya pada dunia olahraga lah yang membuatnya ingin menjadi guru olahraga.

Oliv Siti Cholifah S.Pd, Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPW Nasdem Jateng (doc energibangsa.id)
Oliv Siti Cholifah S.Pd, Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPW Nasdem Jateng (doc energibangsa.id)

“pengennya sih kuliah di dua-duanya, ya ekonomi ya di penjaskes, tapi khawatir kalau gak sanggup bagi waktu, apalagi kalau di PJKR latihannya sampe sore-sore,” lanjutnya.

Saat ditanya dulu SMK Jurusan Bisnis dan Pemasaran, dan kuliah di jurusan Olahraga, namun sekarang mengapa aktif di dunia politik.

Aktif Organisasi Politik

Pengidola Lionel Messi ini menjawab diplomatis, bahwa di jalur politik ini dia yakin bisa banyak memberi manfaat bagi para pelaku olahraga.

“selama ini saya prihatin dengan nasib atlet-atlet yang mengharum nama bangsa, namun masa depannya abu-abu, dan masa tuanya malah kelabu. Nah di jalur politik ini, saya mencoba untuk berikhtiyar agar atlet bisa diberi tambahan bekal kemampuan dalam mengelola ekonomi,” harapnya.

“selama ini kan kalau mereka juara bingung duitnya buat apa, kalau buat foya-foya ya selesai sudah, makanya harus ada pendampingan bagi para atlet, selain fisik juga dibekali kemampuan manajemen bisnis,” ujar gadis yang memiliki prinsip “spirit is my life, there is a will, there is a way ini.

Oliv mengaku tidak begitu memahami dunia politik, tapi selama dia bisa berbuat baik, ia akan mengupayakannya. (yab/EB)

Related Articles

Back to top button