Gaya HidupRagam BangsaReligius

Mengenal San Diego Hills, Pemakaman Mewah Tempat Arswendo Dikebumikan

ENERGIBANGSA.ID – Setelah dinyatakan tutup usia pada Jumat (19/7/2019) pukul 17.55 WIB, jenazah sastrawan sekaligus wartawan Arswendo sedianya akan dimakamkan pada Sabtu (20/7/2019).

Setelah melakukan misa arwah di rumah duka pada pukul 10.00 WIB, jenazah akan diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhirnya di pemakaman mewah San Diego Hills, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Selain Arswendo, beberapa pesohor dan tokoh penting negeri ini diketahui juga memilih tempat tersebut sebagai rumah masa depannya. Adapun seperti Mantan Menteri Dalam Negeri, Almarhum Hari Sabarno dan penyanyi yang juga mantan Gubernur Jawa Timur, mendiang Basofi Sudirman juga dimakamkan di sini.

Dihuni oleh kalangan kelas atas, San Diego Hills dicap sebagai pemakaman super mewah. Kira-kira apa saja fasilitasnya dan berapa biaya pemakaman di sini?

Berikut hasil penelusuran Tim Energi Bangsa.

Mengusung slogan “Memorial Park & Funeral Homes” tempat ini tidak hanya ingin menawarkan tempat pemakaman saja. Namun lebih dari itu, pengembang ingin menghadirkan tempat pemakaman yang indah dan nyaman untuk mengurangi kesedihan keluarga yang berduka.

Memahami adanya keberagaman di Indonesia, PT Lippo Karawaci Tbk sebagai pengembang membangun tiga konsep pemakaman. Yakni nuansa universal untuk semua golongan, utamanya orang-orang yang memeluk agama Kristen, Katolik, dan Budha.

Tiga konsep pemakaman di San Diego Hills (Foto: San Diego Hills)

Kemudian nuansa Islam yang seseuai dengan ketentuan syariah untuk pemeluk agama Islam. Dan nuansa Chinese untuk pemakaman etnis Tionghoa dengan memperhitungkan kaidah fengshui.

Dilansir dari laman website San Diego Hills, dari total 60.000 lahan makam yang terjual, 90 persennya adalah lahan pesanan untuk masa depan sehingga belum terisi hingga saat ini. Terdapat empat tipe lahan yang dapat dipilih apabila Sobat Energi ingin membeli lahan kedamaian ini.

Selain itu, para calon penghuni dapat memilih sendiri jenis lahan, arah mata angin, posisi makam, dan kontur tanah yang dibutuhkan.

Tak hanya menghadirkan desain pemakaman yang indah, San Diego Hills juga dilengkapi oleh beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Diantaranya seperti tempat ibadah sebelum pemakaman yang bisa difungsikan juga sebagai tempat pernikahan, gedung serba guna, danau, dan toko floris. Selain itu ada pula fasilitas olah raga seperti kolam renang dan jogging track, restoran Italia, dan foodmart yang menyediakan kebutuhan sehari-hari.

Melihat mewahnya pemakaman San Diego Hills, lantas berapa biaya yang perlu dikeruk untuk tinggal di sini?

Pihak pengelola mematok tarif mulai dari Rp37 jutaan untuk tipe lahan single burial, Rp150 jutaan untuk semi private, Rp650 jutaan untuk private estate, hingga Rp6 miliar untuk tipe peak estate.

Untuk yang menginginkan paket hemat, ada pula pemakaman paket keluarga dengan harga mulai Rp 23 jutaan per kapling.

Nampak mahal, namun pengelola menyatakan tidak akan ada lagi biaya tambahan yang ditarik untuk perawatan makam.

Kehidupan ini memang tidak ada yang abadi, jadi kita harus mempersiapkan segalanya dengan baik. Tidak terkecuali tempat pemakaman kelak. Apakah Sobat Energi tertarik untuk menghuni pemakaman mewah ini dan bersebelahan dengan para pesohor tersebut?

Related Articles

Back to top button