fbpx
Lewat ke baris perkakas
Wisata & Kuliner

Mengenal Pisang Plenet, Camilan Khas Semarang!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Terkenal dengan Lumpianya, Semarang sebenarnya punya camilan khas yang lain lho, salah satunya Pisang Plenet. Bahkan, camilan ini sudah ada sejak dulu, ada yang telah berdiri sejak sekitar tahun 1960-an.

Pisang planet sendiri maksudnya adalah pisang yang dibakar langsung, kemudian di planet atau dipipihkan dan ditaburi topping sesuai selera.

Pisang yang digunakan pun tidak boleh sembarangan, harus menggunakan pisang jenis Kepok. Hal ini dikarenakan pisang Kepok memiliki daging yang tidak mudah hancur

Cara membuatnya pun sangat mudah, yakni diperlukan pisang Kepok matang, Margarin, dan Topping bisa Coklat Meses, Gula Halus, Keju parut, Susu kental manis, dan lain-lain. Kemudian, pisang dipanggang diatas bara arang selama 1 – 1,5 menit. Pemanggangan ini memberikan sensasi rasa gurih terhadap pisang.

Setelah dipanggang, pisang kemudian diplenet dengan cara dijepit diantara dua papan kayu hingga menjadi pipih atau bisa juga dengan talenan. Beri topping sesuai selera lalu Pisang plenet hangat pun siap dihidangkan.

Keberadaan pisang planet ini mulai langka, akan tetapi tidak perlu khawatir Sobat Energi. Kalian bisa mampir ke daerah Jl. Pemuda, Semarang atau di Pasar Kuliner Semawis yang ada setiap malam minggu di Kawasan Pecinan, Semarang.

Tentunya, harganya juga sangat terjangkau loh. Bagaimana, Sobat Energi penasaran kan untuk mencobanya? (dhanti/EB).

Related Articles

Back to top button