fbpx
Otomotif

Mengenal Petunjuk Jalan: Ada Biru, Hijau dan Coklat Apa Maksudnya?

ENERGIBANGSA.ID – Ketika melewati tol atau jalan raya besar, pernahkah kamu memperhatikan bahwa ada perbedaan latar belakang warna pada rambu petunjuk jalan tersebut?

Informasi yang dituliskan pada rambu sama-sama bertuliskan daerah yang dituju, lalu apa bedanya?

Seperti yang tertulis dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas, ternyata warna tersebut memiliki arti tersendiri.

Rambu berwarna biru

Warna biru memiliki arti sebagai rambu perintah.  Pada Pasal 17, rambu perintah memiliki warna dasar biru, garis tepi putih, lambang putih, lalu huruf, angka, termasuk kata-kata berwarna putih.

Kemudian pada Pasal 20, rambu berwarna biru juga difungsikan sebagai petunjuk batas wilayah, batas jalan tol, lokasi utilitas umum, rambu pengaturan lalu lintas, serta  sebagai rambu petunjuk dengan kata-kata.

Contoh rambu dengan perintah: Batas Kecepatan Maksimum 100 Km/jam Minimum 80 Km/jam.

Apabila rambu berwarna biru menunjukkan lokasi, itu sebagai perintah Anda harus tetap berada lajur yang ditunjuk rambu. Artinya jangan keluar lajur untuk sampai di lokasi yang dituju.

Rambu berwarna hijau

Warna hijau memiliki arti petunjuk. Pada Pasal 18, rambu petunjuk yang digunakan untuk memandu pengguna jalan saat melakukan perjalanan, juga sebagai petunjuk jurusan wilayah dan lokasi tertentu, serta papan nama jalan.

Dibuat dengan warna dasar hijau, garis tepi putih, lambang, serta huruf, dan angka putih. Rambu berwarna hijau ini sering kamu lihat di tol sebagai penunjuk lokasi. Misalnya: Madiun, Magetan, Ponorogo 500 m.

Rambu berwarna coklat

Selain biru dan hijau, ada juga rambu jalan dengan latar warna coklat. Warna coklat menunjukan arti lokasi wisata atau ruang publik, seperti museum. (Ara/ EB)

Related Articles

Back to top button