fbpx
Kabar IndonesiaTeknologi

Mengenal Nettox Watch, Alat Pendeteksi Jantung Karya Mahasiswa UI

ENERGIBANGSA.ID – Zaman sekarang, masyarakat tidak bisa terlepas dengan ponsel, dimana-mana atau di sela-sela kegiatan selalu diingat apalagi ditambah adanya internet semakin membuat masyarakat sangat sulit untuk melepasnya.

Memang benar jika internet dan ponsel sangat mempermudah dalam berinteraksi atau sekedar mencari informasi, namun perlu diketahui bahwa dibalik itu semuanya ada dampak negatif yang ditimbulkan apabila digunakan secara terus menerus tanpa henti alias ketergantungan. Hayo siapa nih Sobat Energi yang sering marah atau badmood ketika pergi ponselnya tertinggal? Atau galau tanpa internet?

Namun, ada mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI) dengan berbagi jurusan yang berhasil membuat sebuah karya produk untuk mengatasi kecanduan pada internet tersebut bernama Nettox Watch yang diciptakan oleh 3 mahasiswa Irfan Budi Satria (Teknik Elektro FTUI), Nabila Ayu Budianti (Biologi FMIPA) dan Alhuda Reza Mahara (Teknik Komputer FTUI). Ketiganya ini merupakan angkatan di tahun yang sama yakni 2016 yang dibimbing oleh dosen Dr.Eng Arief Udhiarto S.T., M.T.

Nettox Watch adalah alat berbentuk jam tangan yang pintar untuk mendeteksi tingkat penurunan pada variabilitas detak jantung dan tidak lupa juga mencatat waktu aktivitas internet yang digunakan oleh pengguna secara real time.

Teknologi yang digunakan sangatlah canggih dengan menggunakan terapi berbasis biofeedback, sinyal-sinyal biologis melalui HRV yang menghubungkannya melalui bluetooth pada tubuh untuk memberikan peringatan kesehatan apakah mengalami penurunan atau tidak.

Namun tidak hanya itu, karena bisa saja mengukur dan mengatasi kesehatan tingkat psikologi mental setiap masing-masing pengguna karena tidak semua konten internet itu baik untuk diakses, bahwa menggunakan internet pada ponsel yang berlebihan sangat merugikan bagi tubuh, untuk itu mencegah terlebih dahulu sebelum penyakit datang menyerang.

Tidak hanya penyakit, kecanduan internet juga membuat pola pikir dan konsentrasi menurun, menyebabkan insomnia, resiko gangguan sosial dan masih dampak negatif yang disebabkan.

Dilansir dari ui.ac.id Ide ini muncul berawal dari ketika melihat perangkat wearable menggunakan data dari sensor kesehatan yang canggih dan terkini seperti Xiaomi Mi Band. Fitur dari alat Nettox Watch adalah adanya fitur personalisasi untuk memberikan informasi mengenai kondisi tubuh dalam mempengaruhi varibilitas detak jantung dan fitur prefensi pengguna dalam menerima feedback berupa getaran atau bunyi tergantung pada masing-masing yang menggunakannya.

Diharapkan dengan adanya Nettox Watch ini mampu untuk mengontrol dalam penggunaan internet sehari-hari apalagi dengan tampilan jam tangan yang trendy sangat cocok untuk generasi muda.

“Pembacaan HRV sangat variatif dari orang ke orang, dari bentuk fisik tubuh, jenis kelamin, kondisi kesehatan, hingga posisi tubuh. Perlu banyak fitur personalisasi sebelum alat ini bisa benar benar bekerja” ujar Irfan Budi Satria yang dilansir dari detik.com

Nettox Watch juga berkompetisi dalam ajang Perlombaan PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta) pada tahun 2019 diselenggarakan oleh Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi.

Semoga Nettox Watch ini segera untuk segera diluncurkan tetapi Sobat Energi harus ingat bahwa menggunakan internet haruslah bijak.

Related Articles

Back to top button