Nasional

Mengenal Mini Lockdown, Apa Bedanya dengan PSBB?

SEMARANG ,energibangsa.id — Sebagai upaya menangani penyebaran juga penularan COVID-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat membicarakan mengenai mini lockdown. Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 menanggapi hal tersebut.

Prof Wiku mengungkapkan bahwa mini lockdown tersebut serupa dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang membedakan adalah kebijakan yang dilakukan dalam mini lockdown ini lebih kecil, seperti kecamatan atau kelurahan.

“Di mana daerah-daerah tertentu yang lebih kecil, apa itu kecamatan, kelurahan, yang di mana asal kasus itu berada dan dikendalikan mobilitas penduduk di situ, ternyata lebih cepat berhasil. Maka itu diarahkan presiden agar kita mampu selain PSBB, fokus lebih kecil lagi dimana kasus itu berada” jelas Prof Wiku

Menurutnya, kebijakan mini lockdown atau PSBM ini sangat efektif karena membatasi mobilitas masyarakat di titik-titik tertentu saja. Hal ini tidak akan mengganggu aktivitas di wilayah lainnya.

Selain itu, Prof Wiku juga mengatakan ini adalah langkah yang tepat, karena untuk menanggulangi COVID-19 ini harus berawal dari tempat kasus itu ditemukan. Jika titik penularan kasus bisa dikendalikan, tidak akan terjadi penularan di daerah sekitarnya.

Pembatasan sosial berskala mikro ini sudah diterapkan di beberapa daerah di Jawa Barat. Sedangkan PSBB sudah kembali diterapkan di DKI Jakarta dan sekitarnya. (dhanti/EB/detik).

Related Articles

Back to top button