fbpx
Pendidikan

Mengenal Madrasah TBS, Sekolah Favorit yang Tak Kenal Zonasi

ENERGIBANGSA.ID – Di saat khalayak masyarakat sedang bingung dengansistem penerimaan siswa baru berbasis zona, beberapa netizen memberi solusi untuk tetap menempatkan sekolah berkualitas yang tak menerapkan sistem zonasi.

Agus Sulis misalnya, dalam akun facebooknya dia seolah memberi solusi tersirat untuk memilih sekolah di madrasah swasta saja. “podo bingung zonasi, Aku sih milih Madrasah, MI NU Hidayatul Mustafidin, MTs NU Miftahul Falah dan MA NU TBS Kudus. Bagiku kui favorit,” tulisnya di akun facebooknya yang bernama August Rust.

Akun yang bernama Didik Hs juga mendukung status tersebut. “mbi modok nggone As Salam ngisor pring… tambah kebal” (sembari mondok di pesantren As Salam daerah bawah pohon bambu, biar semakin ampuh) timpalnya.

Madrasah TBS Kudus, merupakan sekolah Islam basis NU berhaluan salaf ahlus sunnah wal jamaah, yang terletak di Kota Kudus. Tidak sulit bagi kita untuk mencari info dan menemukan sekolah ini, apalagi di mesin pencarian google ada banyak tautan yang menjelaskan tentang sekolah yang telah melahirkan banyak ulama’ dan umaro’ dari alumninya ini.

Setiap Tahun Menggelar Silatnas

Santri Menara, tercipta oleh cinta dan dikumpulkan karena rindu (doc santrimenara.com)

“Jalan Kiai Haji Turaichan Adjhuri menjelma laut bagi manusia. Orang-orang yang seluruhnya berbaju putih, berpeci hitam, bergegas merangsek ke sebuah pintu yang telah puas menanti. Ya, menanti santri-santri yang dulu ditimangkannya hijaiyyah, datang dari arah yang jauh dan yang dekat, untuk memulangkan rindu,” begitu tulisan Widi Muryono di laman santrimenara.com menggambarkan acara Silaturrahim Nasional Santri Menara yang digelar setiap tahun.

Syahdan, karena alumninya tidak hanya dari daerah sekitar saja, namun dari berbagai kota, lintas provinsi, bahkan ada yang beda negara dan beda benua. Memang tidak semuanya bisa berkumpul kembali, namun kecanggihan tekonologi informasi tak bisa memutus niat silaturrrahim.

“Saya hadir, namun bil ghoib karena saat itu saya masih di Amerika, jadi saya ikut hadirnya live streaming,” kisah Heru Prasetya, alumni Madrasah TBS 2007.

Merawat Tradisi Menebar Inovasi

KH Hasan fauzi, salah satu Masyayikh TBS (doc santrimenara.com)

Kitabnya memang salaf (kuno), pengajaran di sana juga masih relatif tradisional, namun output yang dikeluarkan dari TBS selalu inovatif, bisa menyesuaikan perkembangan zaman.

Ahmad Syafii, ketua IKSAB 2008 menjelaskan bahwa santri TBS tidak pernah terlambat mengenal teknologi. “santri TBS itu dapat barokah kyai, jadi meski selama sekolah nggak pernah dapat teori IT tapi banyak yang sukses di dunia teknologi, ada yang jadi youtuber, ada yang jadi web developer, ada yang bangun startUp media online, padahal kuliah juga ndak di jurusan itu, karena rata-rata otodidak” jelasnya pada EnergiBangsa via telpon seluler.

Ma’had Aliy Falak Pertama di Indonesia

Santri TBS bersama santri Ma’had Aliy (doc santrimenar.com)

Sadarkah Anda bahwa kalender di Indonesia ini menggunakan rujukan KH. Turaichan adjhuri? beliau merupakan alumni dan masyayikh ternama asal TBS. Dengan tujuan mencetak ulama’ falak itulah TBS menjadi satu-satunya Lembaga Pendidikan yang Ma’had Aly TBS Kudus menyelenggarakan satu Program Studi Ilmu Falak, karena Ma’had Aly di Indonesia belum ada yang menyelenggarakannya dan Madrasah TBS telah melahirkan maestro falak terkenal di Indonesia, seperti KH. Abdul Jalil, KH. Turaichan adjhuri, KH. Noor Ahmad, dan lain-lain.

Selain istimewa karena memiliki jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari PAUD-MI-MTs-MA-hingga Ma’had Aliy (setara Perguruan Tinggi), keistimewaan TBS adalah meskipun di sekolah tersebut tidak ada materi pelajaran olahraga, namun setiap tahun siswanya selalu menjadi juara di berbagai bidang olahraga.

Ada banyak Keistimewaan di Madrasah TBS, dan tidak akan cukup untuk menuliskan semuanya di sini. Sekarang giliran Anda membuktikannya.

Related Articles

Back to top button