fbpx
Ekonomi & BisnisReview

Mengenal KHQ, Air Minum dengan Kandungan Berkah Khataman Quran

ENERGIBANGSA.ID – Jika hanya sekedar pelepas dahaga, semua air minum bisa. Jika hanya air mineral, yang lain juga sama. Tapi air minum dengan doa dan bacaan Al Quran, ini BUYA – KHQ pelopornya.

Adalah PT. Buya Barokah, sebuah perusahaan air mineral yang berbasis di Kudus Jawa Tengah Indonesia, yang memelopori air minum dengan bacaan Al Quran.

Salah besar, jika netizen berfikir bahwa air KHQ hanya dibacakan melalui rekaman MP3, karena hasil pantauan tim energibangsa menunjukkan bahwa air KHQ murni dibacakan Al-Qur’an langsung oleh para santri Huffadz Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an, yang merupakan satu naungan di bawah bendera Yayasan Arwaniyyah Kudus.

Dari sisi rasa, berkah bacaan Al Quran tidak membuat rasa air minum ini menjadi berubah, namun sugesti manfaat atas berkah inilah yang membuat air minum KHQ menjadi memiliki nilai jual yang tinggi.

Dari sisi brand awarenes, popularitas KHQ tidak begitu special, karena hanya unggul di beberapa daerah sekitar Kudus saja. Sebutlah Demak, Pati, Jepara. Di area Semarang, nama KHQ sudah asing. Apalagi di daerah Bandung, Surabaya, Jakarta, dan kota besar lainnya.

Dari sisi barokah, sebuah value yang ditawarkan KHQ ini tidak bisa diukur dengan kasat mata, namun melihat sifat air yang menurut hasil riset para ilmuan menunjukkan bahwa air adalah medium yang mudah dipengaruhi oleh sugesti verbal, maka wajar jika produsen dan konsumen KHQ percaya bahwa KHQ mengandung banyak berkah bacaan Al Quran di dalamnya.

Dari sisi value secara keseluruhan, nilai yang ditawarkan PT Buya Barokah ini sangat special, dan mungkin juga autentik. Namun jika value KHQ yang diutamakan KHQ (hanya) berkah bacaan Al Quran yang terkandung di dalamnya, maka perlu adanya campaign yang persuasif, minimal di media sosial, yang menyampaikan pesan kepada semua kalangan.

Dari sisi marketing dan komunikasi, sepengamatan tim energibangsa.id, PT Buya melalui brand-nya KHQ ini tidak memiliki aset digital seperti akun facebook atau instagram yang propper. Sistem promosi KHQ pun masih mengunakan metode konvensional, untuk tidak menyebutnya usang, dan nyaris (hanya) mengandalkan sistem jejaring alumni dan santri saja. Dengan kata lain, segmentasinya terbatas pada kalangan santri saja, bukan segmen muslim secara umum.

Padahal sebagaimana kita ketahui, jika segmen yang dibuka adalah segmen muslim secara utuh atau segmen market secara umum, kebermanfaatan KHQ tidak hanya soal keuntungan semata, melainkan menyampaikan pesan dakwah kepada khalayak umum bahwa air yang dibacakan doa atau bacaan Al Quran bukanlah sihir atau bid’ah.

Jika tidak berbenah, kami rasa keberlangsungan KHQ di masa mendatang hanya tinggal mengandalkan kesetiaan dan respect santri pada kyai saja, karena keistimewaan bacaan Al Quran yang dimiliki KHQ mudah diadopsi oleh perusahaan AMDK lainnya.

Sebagai informasi, produk Kh-Q ada beberapa isi yang dijual ke pasaran yakni isi 120 ml, 220ml, 600ml. Namun saat musim lebaran yang laku keras adalah isi 120 ml, disamping kecil, pas dengan ukuran beberapa tegukan atau hisapan lewat sedotan saja sudah habis. 

Semoga air minum KHQ ini mampu menjadi energi bangsa dengan menanamkan sugesti positif dalam nilai-nilai beragama di Indonesia. Amin

Related Articles

Back to top button