fbpx
Lewat ke baris perkakas
Games

Mengenal Game ‘Among Us’, Kenapa Bisa Viral?

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Game yang dirilis pada tahun 2018 dan dikembangkan oleh Innersloth, menjadi viral dan sempat trending di Twitter. Tercatat peningkatan unduhan game Among Us melunjak hingga 661% atau setara 18,4 juta unduhan per Agustus 2020.

Pada platform mobile sendiri, Among Us telah diunduh sebanyak 86,6 juta kali, hal ini mengalami kenaikan pada periode bulan Agustus – September. Game ini mengajarkan pengguna untuk selalu waspada.

Alasan bisa populer

Game ini mengalami kenaikan dikarenakan banyak Youtuber Gaming yang mempopulerkan game Among Us di channel Youtube mereka. Selain itu, game ini cukup mudah untuk dipelajari karena aturan main yang sederhana yakni menuduh dan menyamar.

Selain itu, karakter yang dimiliki sangat menggemaskan karena bentuknya yang lonjong serta bisa dipadukan dengan warna juga aksesoris yang menunjang penampilannya. Game ini mengingatkan pada game Fall Guys: Ultimate Knockout, yang juga sedang ramai dimainkan.

Ditambah, adanya pandemi yang membuat khalayak cepat bosan, game Among Us menjadi alternatif untuk melepas penat apalagi jika dimainkan bersama dengan teman-teman

Keunggulan Among Us dibandingkan Fall Guys: Ultimate Knockout adalah ketersediaannya, dimana game Among Us dapat diunduh secara gratis baik di Google Play maupun Apple App Store, sedangkan Fall Guys tidak ada versi mobile serta gamenya pun berbayar.

Teknis game

Aturan main dalam game ini adalah Tiap ronde permainan di Among Us bisa diisi hingga 10 pemain, dengan setting tempat di sebuah pesawat. Dari 10 orang yang berpartisipasi, barulah sistem bakal memilih secara acak siapa yang akan menjadi crewmate dan siapa akan yang menjadi impostor.

Sehingga, peran mereka masing-masing tetap dirahasiakan. Sistem sendiri mengizinkan jumlah impostor maksimal ada 3, sedangkan sisanya adalah crewmate. Nah, masing-masing crewmate memiliki misi untuk memperbaiki dan melindungi pesawat dari segala kerusakan yang diakibatkan sang impostor.

Crewmate juga diwajibkan untuk selalu waspada dan melihat gerak-gerik pemain lain yang bisa saja ternyata seorang impostor. Sebab, impostor memiliki sebuah kemampuan untuk membunuh crewmate dan menendangnya keluar dari permainan.

Agar bisa menang, crewmate harus menetralisasi pesawat dari seluruh impostor. Sementara dari sisi impostor, mereka harus berhasil membunuh dan mengelabui seluruh crewmate yang ada agar bisa menguasai pesawat yang mereka tumpangi.

Di titik tertentu, semua pemain yang ada, baik itu crewmate maupun impostor, bisa menggelar sebuah diskusi untuk menuduh seseorang yang dicurigai sebagai impostor dengan cara voting.

Pemain yang mendapatkan jumlah tuduhan terbanyak lantas bakal ditendang dari pesawat, entah itu crewmate atau impostor.

Sehingga, kerja sama tim memang benar-benar dibutuhkan agar tidak salah pilih orang, apabila mereka crewmate. Adapun tugas impostor adalah menyamar serta menipu crewmate dengan segala trik agar mereka tidak dituduh dan ditendang dari pesawat.

Nah, itu dia Game Among Us yang tengah viral di linimasa media sosial, Sobat Energi tertarik nggak nih untuk mencobanya? (dhanti/EB/kompas).

Back to top button