fbpx
Gaya HidupKesehatan

Mengenal Eryngium dan Manfaatnya

ENERGIBANGSA.ID – Eryngium merupakan spesies tanaman berbunga dari keluarga Apiaceae.

Cirinya mempunyai tangkai sedikit tebal, daun bergerigi,  jika berbunga biasanya berukuran kecil dan berwarna biru atau biru putih.

Tanaman ini dipercaya memiliki banyak manfaat, oleh karena itu sering digunakan sebagai campuran ramuan, masakan, bahkan sebagai campuran kosmetik.

Eryngium dapat tumbuh di kawasan tropika, subtropika dan latitud tengah seperti Amerika Selatan, Afrika dan di temukan juga di kawasan Mediterania.

Saat ini, tercata ada sekitar 250 spesies Eryngium di seluruh dunia.

Beberapa jenis tersebut diantaranya, Eryngium alpinum ‘Blue Star’ (Alpen Laut Holly), Eryngium Maritimum (Sea Holly), Eryngium alpinum (Alpine Sea Holly), Eryngium amethystinum (Amethyst Sea Holly),

Eryngium planum ‘Blue Cap’ (Flat Sea Holly), Eryngium planum ‘Blue Glitter’ (Flat Sea Holly), Eryngium planum ‘Blue Hobbit’ (Sea Holly) dan Eryngium pandanifolium (Giant Sea Holly).

Di antara jenis di atas, Eryngium Maritimum adalah jenis Eryngium yang paling cocok digunakan sebagai campuran kosmetik.

Manfaat Eryngium

Perawatan kecantikan yang memiliki kandungan Eryngium Maritimum memiliki segudang manfaat, diantaranya :

  • Memperbaiki struktur jaringan kulit.
  • Meningkatkan ketahanan kulit terhadap pancaran radiasi (UV-B)
  • Meningkatkan kekencangan kulit.
  • Anti penuaan.
  • Mencerahkan.
  • Melembabkan.

Supaya bisa merasakan manfaatnya, saat ini ada industri kecantikan meluncurkan produk perawatan yang mengandung Eryngium Maritimum dalam bentuk body lotion, foot cream dan day-night cream.

Perusahaan itu adalah Tzuyu Skincare, perusahaan skincare satu-satunya dan pertama di Indonesia yang memasukan kandungan Eryngium Maritimum dalam produk kecantikannya. Mau merasakan manfaatnya? coba saja. (*)

Related Articles

Back to top button