fbpx
Wisata & Kuliner

Mengenal Durian Khas Gunung Pati Semarang, Jangan Salah Pilih ya?

ENERGIBANGSA.ID– Semarang memiliki sentra durian yang menjadi tempat sasaran untuk berburu durian. Yakni wilayah Kecamatan Gunungpati, sebagai satu di antara penghasil durian di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Terdapat beberapa jenis durian terkenal Gunung Pati yang dapat kalian nikmati

1.Durian Malika

Nama ‘Malika’ yang unik diambil dari gabungan nama pemilik Muali dengan istrinya Likah. Varian durian itu bisa menghasilkan ribuan buah dalam sekali panen.

Durian Malika sudah memiliki penggemar tetap. Rasa durian yang beda serta tekstur daging lembut membuat durian ini banyak diburu pecinta durian. Dagingnya lembut seperti mentega, namun rasanya sedikit pahit.

2.Durian Monti

Nama Monti diambil dari singkatani ‘Monthong Gunung Pati’.  Jenis durian asli Gunung Pati ini merupakan hasil perkawinan durian Monthong Thailand dengan durian unggulan Gunung Pati.

Perkawinan tersebut sukses menghasilkan durian dengan cita rasa yang manis dan legit.

Saat mencicipi durian satu ini rasa manis berbaur dengan rasa sedikit pahit di akhir.

Mengenal Durian Khas Gunung Pati Semarang, Jangan Salah Pilih ya?

Dibanding dengan durian Monthong, warna daging durian Monti lebih kuning. Waktu yang tepat untuk menikmati durian ini adalah saat akhir tahun.

Tepatnya peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. Di masa itu, tekstur daging durian Monti yang dihasilkan akan terasa kering dan legit manis.

3.Durian Ketan

Seperti namanya, durian asal Gunung Pati ini memiliki tekstur seperti ketan. Sehingga para petani menyebutkan durian ini sebagai durian ketan.

Tekstur dagingnya super pulen membuat penikmatnya seakan sedang memakan ketan. Kulit buah dari durian ketan ini terbilang tipis, selain itu bijinya juga kecil.

Dagingnya pulen serta manis berbaur dengan sedikit rasa pahit. Dari tampilan fisiknya, durian ketan memiliki daging buah berwarna kuning.

Nah, sobat energi penasaran kan? Yuk kita cobain kelezatan durian lokal asal Gunung Pati Semarang! (ara/ EB)

Related Articles

Back to top button