fbpx
Olahraga

Mengenal Dasar Olahraga Judo

ENERGIBANGSA.ID – Teknik dasar pasti akan diperkenalkan terlebih dahulu dan diajarkan bagi para penggemar olahraga, begitu juga dengan bela diri yang dalam hal ini adalah judo.

Dasar dari teknik bela diri ini berupaya agar pejudo mempunyai kuda-kuda yang kuat saat menahan serangan lawan.

Apabila pejudo sudah mempunyai kuda-kuda yang kuat barulah perlahan akan diajarkan teknik dasar dalam menyerang dan bertahan dari lawan.

Hal ini dapat membantu kemampuan bela diri para pejudo junior untuk perlahan meningkat sampai menjadi Pejudo Professional.

Bukan untuk Sombong

Setelah mengenal teknik dasar bela diri judo tersebut, maka pejudo junior pun harus memahami bahwa latihan bela diri yang dilakukan bukanlah semata-mata untuk menyombongkan diri.

Namun disamping mengenal, juga diperlukan pemahaman dalam latihan olahraga judo, bahwa bela diri diperlukan sesuai dengan prinsip dasarnya yaitu membela diri dari hal-hal yang berbahaya.

Pada umumnya yang memiliki kemampuan bela diri akan membela yang lemah dengan menggunakan kemampuan bela diri yang dimilikinya.

Dengan memahami prinsip bela diri tersebut maka para pejudo pun akan mengerti, sehingga Bela diri judo tidak disalurkan dalam bentuk perkelahian massal seperti tawuran, ataupun perkelahian lain yang ingin menunjukkan kemampuan bela dirinya.

Perilaku tersebut memang tidak patut ditiru karena tidak sesuai dengan prinsip dasar bela diri. Diperlukan pelatih yang berpengalaman untuk mempelajari olahraga judo yang efektif, agar dapat memberikan pelatihan baik secara fisik maupun mental kepada pejudo yang masih pemula.

Sarana

Disamping peran pelatih, hal yang tidak kalah pentingnya yaitu sarana dalam tempat latihan judo. Hal ini bermaksud untuk mendukung suasana latihan olahraga judo yang nyaman dan kondusif.

Di antaranya seperti lantai judo yang terbuat dari karpet matras berbentuk segi empat, kemudian seragam latihan agar aura dan semangat latihan menyatu dengan pribadi yang akan latihan judo.

jaket yang umunya memiliki ukuran panjangnya menutupi pantat, hingga ikat pinggang yang ukurannya panjang yang kemudian dapat diikat dipinggang dan ada lebih 20-30 cm, hingga sarana tinju dan lainnya yang dibutuhkan untuk mendukung suasana latihan agar lebih fokus.

Pada umumnya para pemain judo dapat merasakan suasana pertandingan saat berdiri diatas lantai judo ketika sedang berlatih.

Dengan begitu para pejudo pun akan banyak memahami peraturan pertandingan seperti hal-hal yang harus dihindari dan hal-hal yang harus ditaati dalam pertandingan judo tersebut.

Dengan mengenal teknik dasar kuncian dan lainnya pada bela diri judo, maka dapat dipastika latihan olahraga judo yang dilakukannya efektif dan membawa dampak yang positif. Hmmm.. menarik ya sobat energi. (*)

Related Articles

Back to top button