fbpx
Kabar Daerah

Mengenal ‘Creative Hub’, Wadah Ekonomi Kreatif Berkonsep Kekinian di Kota Semarang

SEMARANG, energibangsa.id—Buat kamu warga Semarang, sebentar lagi kita akan ada ‘spot co working space’ baru, lho! Siap-siap aja ya.

Bertajuk ‘Creative Hub’, proyek yang didanai oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini bertempat di kawasan Kota Lama Semarang.

Creative Hub adalah fasilitas yang diperuntukkan bagi pelaku usaha kreatif untuk menjalankan usahanya di Kota Semarang.

Menunggu serah-terima

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, menyampaikan, proyek ini telah memasuki tahap terima aset dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Kota Semarang.

“Proses selanjutnya adalah perumusan SOP (Standard Operating Procedure) serta kerja sama dengan para komunitas guna pemanfaatan co working space di Kota Lama tersebut.

“Ditargetkan awal tahun ini dapat segera siap dan mulai dimanfaatkan oleh kawan-kawan komunitas ekonomi kreatif di Kota Semarang,” tutur Hendi, sapaan Wali Kota Hendrar Prihadi.

Dalam proyek tersebut, pemerintah akan menggandeng berbagai komunitas yang ada di Kota Semarang untuk menjalankan, mengelola, dan memelihara Creative Hub sendiri.

Semarang 10 besar Kota Kreatif

Kota Semarang sendiri menempati peringkat 10 besar untuk kota kreatif di Indonesia. Kota ini turut menyumbang PDB sebesar Rp1.041 triliun serta menyerap tenaga kerja sebanyak 18,2 persen pada tahun 2019.

Pemkot Semarang mengharapkan pemanfaatan fasilitias Creativ Hub dapat berjalan maksimal meski sedang pandemi. Dengan berbagai kolaborasi dari segala sektor kreatif yang ada.

Kegiatan Creative Hub

Kepala Disbudpar Kota Semarang Indriyasari mengatakan nantinya akan diadakan pameran online dan offline yang berisi gelaran produk fashion, seni pertunjukan, kriya, desain arsitektur, fotografi, animasi, dan sub sektor lain.

Indriyasari berharap, Creative Hub dapat menjadi wadah untuk galeri industri kreatif dan balai pelatihan ruang fotografi.

Antara lain, pembuatan film secara virtual, ruang seni pertunjukan serta sejumlah peralatan pendukung. (*)

Related Articles

Back to top button