fbpx
Lewat ke baris perkakas
Nasional

Mengenal Chairul Tanjung, Pemilik Transmart Carrefour yang digugat PKPU

SEMARANG, energibangsa.id – Tak hanya Ace Hardware yang menghadapi gugatan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU), kini perusahaan pengelola hipermarket, Transmart Carrefour juga digugat oleh PT Tritunggal Adyabuana.

Bersumber dari Bisnis.com, berdasar data Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, tercatat pada Rabu (30/9), Trans Retail menjadi termohon dalam perkara penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) dengan nomor perkara 319/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN Niaga Jkt.Pst.

Trans Retail Indonesia menjadi bagian dari Trans Corporation setelah CT Corpora mengakuisisi 60% saham Trans Retail Indonesia pada 2012 senilai 525 juta Euro. Akuisisi Trans Retail yang menghadirkan hipermarket bermerk Carrefour, Transmart, dan Groserindo ini merupakan lanjutan dari pengambilan 40% dari saham Carrefour Nederland B.V dan Onesia B.V di tahun 2010.

CT Corpora merupakan grup usaha milik konglomerat Chairul Tanjung. Dikutip Bisnis.Com pada data laporan Forbes April 2020, kekayaan Chairul Tanjung menyentuh US$ 3,1 miliar dan membuatnya menjadi orang terkaya ke-6 di Indonesia.

Saat ini, kekayaan Chairul Tanjung bertambah sekitar US$ 0,5 miliar menjadi US$3,7 miliar berdasar data Forbes Real Time Billionaires (9/10).

Dengan kurs Jisdor hari ini Rp 14.737per dolar AS, kekayaan si Anak Singkong ini setara dengan Rp 54,4 triliun. Wow banyak banget! Tak heran jika ia menjadi peringkat ke-6 orang terkaya asal Indonesia juga peringkat 708 orang terkaya dunia versi Forbes.

Baru berusia 58 tahun, ayah 2 anak ini tercatat sebagai satu-satunya yang masuk dalam hartawab di Indonesia di bawah usia 60 tahun.

CT Corp sebagai perusahaan induk yang ia bangun, berkembang pesat di sejumlah industri. Secara garis besar, CT Corp dibagi menjadi tiga operasi holding bisnis utama yang terkonsentrasi di layanan keuangan; media, gaya hidup dan hiburan; dan Sumber Daya Alam. Sejumlah lini usahanya memiliki posisi kuat di pasar konsumen, seperti Bank Mega, Bank Mega Syariah, Mega Life, Trans TV, Trans 7, Trans Fashion, dan Transmart. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button