fbpx
Sosial & Budaya

Mengenal Apa Itu Teori Konspirasi?

ENERGIBANGSA.ID–Sebelum kita mencari tau apa yang menjadi pemicu munculnya teori konspirasi? Serta bagaimana bisa banyak orang mempercayai hal itu? Berikut definisi teori konspirasi.

Pendekatan teori

Teori konspirasi biasa diartikan sebagai teori yang berusaha untuk menjelaskan rencana-rencana, atau fakta sebenarnya di balik terjadinya suatu peristiwa.

Pencetus teori konspirasi berusaha untuk menyampaikan sesuatu yang berbeda dari yang telah diketahui umum.

Selama belum bisa dibuktikan, semua itu hanya masih tetap menjadi teori.

Jika sudah terbukti, maka teori konspirasi itu baru dapat dikatakan sebagai kebenaran.

Melansir Kompasiana, dalam menghadapi teori konspirasi, biasanya akan muncul dua golongan orang yang berbeda pandangan.

Golongan pertama adalah orang yang tidak percaya atau menolak gagasan yang dikemukakan oleh sebuah teori konspirasi.

Orang-orang ini biasanya sangat mengutamakan logika dalam mencerna sesuatu.

Tanpa adanya dukungan argumentasi yang kuat, data ilmiah yang akurat, dan pendapat yang dapat diverifikasi kebenarannya, golongan ini sulit untuk meyakini kebenaran teori konspirasi.

Sebaliknya golongan kedua adalah mereka yang percaya bahwa segala sesuatu mungkin dan pasti ada yang merancangkannya.

Mereka biasanya menghubungkannya dengan sesuatu yang berbau mitos, legenda, kekuatan supranatural, dan lain sebagainya.

Golongan inilah yang biasanya cenderung percaya dengan pendapat yang dikemukakan oleh teori konspirasi.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang-orang yang ounya keinginan untuk tampil unik, lebih cenderung percaya pada teori konspirasi.

Sepanjang sejarah kita telah mendengar banyak sekali teori konspirasi yang beredar dan dipercaya oleh banyak orang. Dari sekian banyak teori tersebut, ada sebagian yang dapat dibuktikan kebenarannya. Namun banyak pula yang masih menjadi misteri hingga saat ini.

Identik dengan sosial-politik dan sejarah

Teori konspirasi yang lebih banyak muncul biasanya berkaitan dengan politik, sejarah,  dan sosial. Beberapa teori konspirasi yang paling terkenal dan diyakini banyak orang adalah tentang kelompok iluminati, keberadaan alien dan konspirasi bumi datar.

Terlepas dari apapun motivasi dari para pencetus teori konspirasi itu. Selama masih ada yang mempercayainya, teori konspirasi akan tetap bermunculan.

Di satu sisi hal tersebut merupakan hal yang positif, karena itu berarti masih ada orang-orang kritis yang tidak serta merta menerima begitu saja terjadinya suatu peristiwa.

Tetapi jika terlalu terobsesi dan mengamini suatu teori konspirasi justru berisiko membuat kita kehilangan akal sehat. Kita cenderung menjadi paranoid.

Apalagi kalau sampai membenci pihak tertentu. Karena alasan yang belum dapat dibuktikan kebenarannya. Kita sendirilah yang bisa menentukannya. Kacau, kan? 9ara/ EB)

Related Articles

Back to top button