Energi MudaKita Indonesia

Mengenal Amrul Fawwaz, Duta Genre Influencer Jawa Tengah 2022

ENERGIBANGSA.ID – Nama lengkapnya Muhammad Amrul Fawwaz, badannya tinggi, penuh senyum, dan sekilas wajahnya nampak ada nuansa ke-arab-an, meskipun ternyata dia murni warga negara Indonesia kelahiran Jepara, 22 Desember 1999, di Desa Daren, Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara.

Selain ramah dan good looking, Fawwaz juga pemuda relijius, karena mengenyam pendidikan agama sejak kecil.

Santri Tulen

“Saya memperlajari agama sejak sekolah dasar, saya bersekolah di MI Annur Daren, lalu dilanjutkan dengan menjadi santri Di MTs dan MA NU TBS Kudus,” ujarnya pada energibangsa.id

Selama menjadi santri, Fawwaz belajar banyak hal mengenai pentingnya pondasi agama bagi setiap manusia, belajar menghargai sesama, dan sami’na wa ato’na terhadap para masyayikh.

Setelah lulus dan mendapat predikat sebagai IKSAB (Ikatan Santri Abiturient) read : sebutan bagi lulusan Madrasah TBS Kudus, Fawwaz melanjutkan pendidikannya sebagai mahasiswa di Universitas Negeri Semarang, dengan jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

amrul fawwaz dan taqiyya andjani
amrul fawwaz dan taqiyya andjani (duta genre jepara 2021)

“Saya mengambil jurusan tersebut bukan tanpa alasan, karena saya melihat di era sekarang dan kedepan adalah era digital native. Era dimana Teknologi akan menguasai setiap hal dalam kehidupan kita,” jelasnya.

“Walaupun saya dari background seorang santri, dan mempunyai stigma bahwa santri itu ketinggalan zaman, tapi saya ingin membuktikan bahwa hal itu tidak benar, justru santri adalah sebuah investasi sumber daya manusia yang bagus untuk era bonus demografi nanti,” lanjutnya.

Aktif Organisasi

Pemuda kelahiran Jepara ini memang pemuda paket komplit untuk dikatakan “idaman jaman now“, karena selain aktif di luar kampus, Fawwz juga aktif di kampus.

Yups, Fawwaz juga aktif mengikuti Organisasi Kemahasiswaan seperti BEM dan Organisasi Sosial Agama seperti IPNU IPPNU dan PMII Universitas Negeri Semarang.

“Banyak mengikuti organisasi membuat saya berkembang secara kapasitas diri dan kemampuan pribadi. Selama di kampus, saya juga dikenal dengan pribadi yang kritis dan selalu cumlaude di setiap semester,” kisahnya.

Selain itu, juga Fawwaz juga pernah diberikan sebagai Duta Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan Finalis Duta Fakultas Ilmu Pendidikan.

“satu prestasi untuk kampus juga berhasil saya torehkan sebagai Juara Harapan 1 Lomba debat nasional yang diselenggarakan di IAIN Salatiga,” bebernya.

Produk IPNU Jepara

Di Kabupaten Jepara, Fawwaz juga aktif mengikuti organisasi IPNU IPPNU mulai dari tingkat ranting/desa sampai tingkat cabang/kabupaten. Di tingkat ranting Fawwaz pernah diamanahi sebagai bendahara.

“di tingkat anak cabang/kecamatan saya diamanahi sebagai wakil ketua bidang kemitraan, dan di tingkat cabang/kabupaten saya diamanahi sebagai direktur anti narkoba,” ujarnya.

Oleh BNN Provinsi Jawa Tengah, melalui Dinas Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik), Fawwaz juga diamanahi sebagai Relawan Anti Narkoba untuk Kabupaten Jepara, yang harapannya bisa memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat Jepara mengenai pentingnya menjauhi narkoba.

Di kalangan sosial remaja juga Fawwaz diamanahi sebagai Duta Genre (Generasi Berencana) Kabupaten Jepara 2021, yang mempunyai tugas untuk menginisiasi remaja agar menjauhi Triad Krr ; Sex pra nikah, Nikah dini, Napza.

“Sebagai Duta Genre, saya mempunyai cita2 untuk menjadikan remaja di Jepara menjadi generasi yang Migunani yakni Menginspirasi dan Berguna Untuk Negeri,” bebernya.

Dalam satu tahun keberjalanan Fawwaz berkontribusi untuk mengkampanyekan generasi berencana di Jepara, Fawwaz diamanahi untuk seleksi menjadi Duta Genre Provinsi Jawa Tengah, dan hasilnya, pemuda bernama lengkap Muhammad Amrul Fawwaz itu mendapatkan predikat sebagai Duta Genre Influencer Jawa Tengah 2022.

“Besar harapan saya untuk bisa berkontribusi lebih di Provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya.

Yuk, kita dukung pemuda inspirasi seperti kak Fawwaz menjadi energi muda, energi baik untuk bangsa Indonesia.

Related Articles

Back to top button