fbpx
Gaya HidupRagam Bangsa

Mengapa Wanita Betah Menjanda, Sementara Pria Tidak Betah Menduda?

ENERGIBANGSA.ID – Ketika memutuskan untuk menikah, pasti setiap pasangan berharap bahwa itu adalah pernikahan sekali dalam seumur hidup. Berharap bisa mengisi rumah tangga dengan tawa dari anak-anak, selalu berbagi suka dan duka kehidupan, dan terus mengobrol bersama hingga tua.

Namun tidak semua pernikahan mendapat nasib baik itu. Ada yang harus ikhlas mengalami kisah pahitnya rumah tangga hingga berujung pada kata cerai. Ibarat petir di siang bolong, perceraian menjadi momok yang menakutkan bagi setiap pasangan.

Pasca perceraian, apa yang akan terjadi pada pasangan tersebut?

Penelitian oleh Pew Research yang dilansir Energi Bangsa dari Fimela mengungkapkan bahwa wanita akan memilih untuk menjanda dalam waktu yang lama atau bahkan tidak akan menikah lagi. Pasalnya, wanita memiliki keterikatan emosional yang lebih besar daripada pria.

[Baca juga: Jangan Heran, Inilah Alasan Perempuan Lebih Suka Pacaran dengan Brondong]

Ketika menikah, wanita akan mencurahkan seluruh perhatian, kesetiaan, waktu, cinta, tubuh, bahkan mengorbankan karirnya demi keutuhan keluarga. Maka ketika ia mengalami perceraian, wanita cenderung sulit untuk membuka hatinya kembali.

Berdasarkan penelitian tersebut, didapatkan hasil 54 persen wanita yang telah bercerai menyatakan tidak akan menikah lagi. 27 persen menjawab belum tahu, dan 19 persen sisanya menjawab akan menikah lagi.

Berbanding terbalik, para pria justru tidak betah lama-lama menyandang status duda. Biasanya pria akan segera mencari istri baru untuk mendampingi hari-harinya.

“Pria yang baru saja bercerai atau duda, sangat terbuka dengan pemikiran menikah lagi. Namun perempuan dengan kondisi yang sama, hanya sedikit kemungkinannya,” jelas hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 itu.

Pada pria, 30 persen menjawab tidak akan menikah lagi, 36 persen lainnya menjawab belum tahu akan menikah lagi atau tidak. Dan 34 persen menjawab akan menikah lagi.

[Baca juga: Wow! Ternyata Wanita Lebih Suka Pria Perut Buncit!]

Sebagian wanita menganggap kehidupan usai perceraian membuatnya menjadi lebih bebas. Jika selama menikah ia terbebani dengan urusan rumah tangga, setelah bercerai ia menjadi luwes dan tidak merasa terkekang. Sehingga wanita tidak terlalu mempersoalkan pernikahan yang selanjutnya.

Sementara pada pria, mereka butuh dilayani dan diperhatikan. Mulai dari perhatian kecil seperti disiapkan makan, pakaian, hingga perhatian besar lainnya. Begitulah pernyataan dari Nina Lorez Collins, seorang Konsultan Pengobatan Naratif asal New York.

Sebagai contoh, penyanyi Yuni Shara masih betah menjanda setelah bercerai dengan Henry Siahaan sejak 11 tahun silam. Meski begitu, kakak dari Krisdayanti ini tetap nampak bahagia menjalani hidup bersama dua buah hati yang ia miliki bernama Cavin dan Cello.

Lalu ada sosok Maia Estianty yang juga menjadi orang tua tunggal untuk ketiga anaknya pasca bercerai dengan Ahmad Dhani. Usai bercerai, tak butuh waktu lama bagi Dhani untuk membina rumah tangga kembali dengan istri barunya, Mulan Jameela. Sementara Maia terus berkarya dan membahagiakan anak-anaknya. Hingga akhirnya setelah sepuluh tahun berlalu kini giliran Maia yang berbahagia dengan pasangan barunya.

Wah, wanita memang hebat. Meski berpisah memang hal menyedihkan tapi bukan berarti menghentikan langkah untuk terus berkarya dan berbahagia, ya.

Related Articles

Back to top button