Energi Muda

Mengapa Magang Kerja Itu Penting? Inilah Pengalaman Berharga yang Didapat

ENERGIBANGSA.ID – Sobat energi pasti sebagian dari kalian yang mahasiswa sudah pernah menjalani magang yang menjadi salah satu agenda dari kampus. Magang salah satu kegiatan yang turun langsung ke lapangan untuk mendapat pengalaman di dunia kerja.

Magang merupakan bentuk investasi yang bertujuan untuk melatih diri melamar pekerjaan dan mendapatkan posisi kerja di suatu kantor atau perusahaan. Magang masih sering dianggap melakukan pekerjaan di luar ekspetasi sesuai dengan jurusan perkuliahan.

Sebagai seorang mahasiswa, magang menjadi salah satu pengalaman untuk mengenal dunia kerja yang sebenarnya dan akan menunjang perjalanan kerja di masa depan. Dituntut untuk siap dengan dunia kerja yang tidak bisa diprediksi, secara mental dalam magang juga harus siap menerapkan ilmu yang didapat selama di bangku perkuliahan.

Namun, tahukan kalian, apa sebenarnya definisi dari magang itu sendiri? dan apakah penting untuk para mahasiswa?

Menurut pengalaman dari salah seorang mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Maharani Bella Pratiwi mengungkapkan, “Magang itu penting, ketika kita magang akan tahu dunia kerja yang disiplin dengan jam masuk dan pulang yang ditentukan. Di tempat magang pasti mendapatkan ilmu banyak sesuai dengan jobdesk yang dipraktekkan secara langsung.” ujarnya

Jadi, magang satu hal penting yang perlu di jadikan pengalaman oleh mahasiswa. Tim energibangsa.id memberikan apa saja bentuk investasi pengalaman yang di dapat adalah seperti di bawah ini.

PENGALAMAN KERJA SECARA NYATA
Menjadi bagian dari suatu perusahaan sebagai anak magang adalah hal yang menantang. Kesempatan tersebut memberikan peran untuk kalian bekerja langsung dalam dunia profesional. Zaman sekarang bukan lagi anak magang hanya disuruh membuat minuman, foto copy, ataupun hal lain yang digampangkan. Dunia kerja memberikan atmosfer bekerja yang sebenarnya, mengajari banyak jalur karir yang dikejar, Anggap saja seperti ini – magang adalah cara untuk test drive pekerjaan dan mengeksplorasi pilihan karir yang berbeda.

MEMPERLUAS RELASI
Selain mengerjakan jobdesk yang diberikan perusahaan, terkadang anak magang juga merasakan ikut acara-acara internal maupun ekternal yang mengharuskan berinteraksi satu sama lain. Saat proses interaksi tersebut akan menciptakan keakraban sehingga dapat belajar beradaptasi dengan lingkungan profesional. Komunikasi tersebut akan berkelanjutan yang mengenalkan banyak sumber daya. Jaringan juga membantu mendapatkan referensi dan mencari peluang pekerjaan baru. Tempat kerja magang juga dapat menjadi mentor secara profesional

RESUME/CV BUILDER
Bagaimana Anda bisa memiliki resume yang kuat tanpa pengalaman apapun? Magang merupakan kunci untuk membangun pengalaman sebagai mahasiswa atau lulusan baru. Recruiter akan lebih mungkin mempekerjakan seseorang dengan pengalaman magang daripada seseorang dengan resume generik dan kurang pengalaman.

MANAJEMEN WAKTU
Anak magang Anda akan menjadi master manajemen waktu. Ketika bekerja dalam lingkungan profesional serba cepat yang perlu diketahui setiap hitungan menit, manajemen waktu sangat penting dalam setiap keadaan. Saat menghadiri pertemuan, menyelesaikan tugas pada tenggat waktu, membuat panggilan telepon, maupun tugas-tugas lainnya.

PONDASI KARIR
Kesempatan magang membantu mengatur pondasi bagi karir kalian. Penting diingat bahwa anda memilih lowongan magang berdasarkan minat dan prospek karir. Anak magang memiliki kesempatan lebih besar diterima oleh perusahaan.

Related Articles

Back to top button