fbpx
Gaya Hidup

Mengapa HP Dilarang Digunakan di SPBU? Simak Disini

ENERGIBANGSA.ID—Sobat energi, kalian pasti minimal memiliki satu buah handphone (HP), bahkan ada yang lebih, kan, ya? Dan mayoritas masyarakat kini memiliki benda yang memudahkan setiap orang untuk saling terhubung satu sama lain itu.

Di era saat ini, keberadaan HP nampak menjadi skala prioritas masyarakat modern. Namun, bukan berarti kita bisa menggunakan HP secara sembarangan, ya sob! Ada sejumlah tempat di mana kita dilarang mengoperasikan HP, salah satunya adalah di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Dilarang

Lho, mengapa kita dilarang gunakan HP di SPBU? Jadi, keberadaan HP memiliki frekuensi yang besar. Jika diamati dengan alat canggih, maka sebenarnya setiap gerakan di HP dapat menimbulkan percikan api, lho sobat.

Tetapi karena ukurannya memang sangat kecil, kurang lebih hanya seukuran 1 mikron. Apalagi jika LED (Light Emiting Diode) dalam keadaan menyala.

Hal itu akan menimbulkan pijar dan percikan api. Kalau terkontaminasi dengan uap benzena yang terkandung di dalam bensin. LED yang dimiliki HP itu berbeda dengan LED yang digunakan pada alat elektronik lainnya, sob.

LED HP dalam kondisi tidak memiliki filamen pelindung, jadi sangat mudah terbakar. Di satu sisi, benzena yang terdapat dalam bensin memang sangat peka terhadap percikan api. (*)

Related Articles

Back to top button