fbpx
Nasional

Mengapa BPOM Belum Juga Terbitkan Izin Vaksin Covid-19 ?

SEMARANG, energibangsa.id—Sobat energi,Presiden Jokowi direncanakan disuntik vaksin Covid-19 pada Rabu 13 Januari 2021 mendatang.

Tapi hingga saat ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) belum mengeluarkan izin edar dan penggunaan atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Covid-19 jenis apapun di Indonesia.

Lantas, mengapa BPOM tak segera terbitkan izin untuk vaksin Covid?

Kepala Badan POM RI, Dr Ir Penny K Lukito MCP mengatakan Badan POM sedang mengupayakan agar penerbitan EUA bisa dilakukan sebelum rencana jadwal suntik vaksin Covid-19 perdana untuk Presiden Jokowi, (13/1/2020).

Menurut Penny, keputusan terkait EUA dapat dikeluarkan dalam beberapa hari ke depan, dan ini sudah sesuai dengan rencana atau target jadwal yang dibuat sebelumnya.

“Alhamdulillah, kami bersyukur, karena sudah ada pihak-pihak yang masih bekerja sampai dengan hari ini, sehingga kami bisa tanggal tersebut masih bisa dipastikan (EUA) akan keluar sebelum tanggal 13 Januari,” ujarnya.

Penerbitan izin vaksin Covid-19 itu sendiri akan dilakukan Badan POM dengan menerapkan prinsep kehati-hatian, independensi, menjunjung integritas dan transparansi. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button