fbpx
Kesehatan

Mengapa Badan Kita Bisa Bau? Bagaimana Cara Menghilangkannya?

ENERGIBANGSA.ID – Ketika bertemu seseorang pasti kita akan senang jika orang tersebut memiliki aroma tubuh yang harum dan bersih.

Namun apa jadinya jika kamu dihadapkan pada situasi yang sebaliknya? Atau bahkan kamu sendiri yang kini sedang mengalami bau badan?

Bau badan memang dialami setiap orang, tidak memandang latar belakang dan kondisi seseorang.

Tapi, sebagian orang berhasil mengontrol bau badan yang muncul dari dalam tubuhnya menggunakan bantuan parfum atau merawat badan dengan cara lainnya.

Lantas, dari mana asal bau badan kita? Dan bagaimana cara menghilangkannya?

Keringat

Sebenarnya keringat tidak memiliki bau, akantetapi keringat udah tercampur oleh bakteri di tubuh kita yakni kelenjar Ekrin dan kelenjar Apokrin.

Pada kelenjar Ekrin (memproduksi larutan air dan garam) yang berfungsi sebagai pengatur suhu badan.

Sedangkan kelenjar Apokrin (memproduksi protein dan lemak) di beberapa bagian tubuh, seperti kulit kepala, dada, ketiak, dan selangkangan.

Masalahnya terletak di sini, larutan protein dan lemak tersebut menjadi makanan bakteri Staphyloccous Hominis, Micrococcus, dan Corynebacterium yang lantas diproses menjadi asam yang baunya kemudian tercium oleh hidung kita.

Faktor Genetik

Tahukah kamu, ada juga seseorang yang memiliki gen tidak bau badan, loh. Sebagai contoh orang Asia Timur.

Kebanyakan mereka kekurangan gen ABCC11 si penghasil bau badan, maka dari itu jarang kita temukan mereka memiliki bau badan yang menyengat.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Pertanyaan bagi kebanyakan orang yang menyadari kondisi bau badannya adalah bagaimana cara menghilangkannya? Sudah dicoba berbagai cara masih saja tetap bau.

Sayangnya, seseorang yang memiliki bau badan akan terus memproduksi kelenjar keringat selama kita hidup, maka jawabannya adalah tidak bisa.

Namun, bukan berarti tidak bisa sepenuhnya hilang, ya.

Kamu masih bisa terus berusaha dengan ruitn merawat kebersihan badan dengan cara menjaga badan tetap kering, selalu menggunakan deodoran dan wewangian, juga jangan malas mandi.

Semoga membantu.

Related Articles

Back to top button