fbpx
Internasional

Mendekati Pemilu, Produksi Vaksin AS Dibuntuti Politik?

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) –Kaiser Family Foundations telah mengungkapkan hasil survei yang mereka lakukan. Dalam hasil survei tersebut mereka mengatakan jika produksi vaksin di Amerika Serikat saat ini telah dibuntuti oleh politik.

Kaiser Family Foundations mengungkapkan jika masyarakat Amerika Serikat sebanyak 62% percaya jika tekanan politik dari pemerintahan Trump dapat menimbulkan CDC menyetujui vaksin bahkan sebelum vaksin tersebut terbukti aman dan efektif.

Namun hal ini dibantah oleh pihak CDC. Pihaknya menyatakan jika lembaga CDC tidak akan mengorbankan keamanan hanya untuk kepentingan politik.

“Kedua pihak yang mempolitisasi vaksin berlawanan dengan tujuan yang sebenarnya, membuat pandangan jika Amerika telah siap memvaksinasi dengan percaya diri,” ungkap Robert Redfield, Direktur CDC dikutip dari CNN Indonesia.

“Satu-satunya hal yang dapat menentukan proses pembuatan vaksin adalah data dan sains,” tambahnya.

Dokter Redfield juga menambahkan bahwa hal terakhir yang dibutuhkan oleh Amerika Serikat selama masa pandemi ini adalah  lebih banyak kekhawatiran mengenai vaksin.

Diketahui jika Presiden Donald Trump sering mengatakan jika ia yakin vaksin virus Corona akan siap pada saat pemilu berlangsung.

Dokter Jerome Adam, seorang ahli bedah umum menyatakan jika produksi vaksin memang memungkinkan, namun waktu untuk menyelesaikan pembuatan tidak mungkin tepat pada saat pemilu nanti.

Dari survey yang dilakukan oleh Kaiser Family Foundations mengungkapkan bahwa tekanan politik yang dipimpin oleh Trump dapat membuat badan pengawas obat dan makanan menyetujui vaksin bahkan sebelum vaksin tersebut terbukti aman dan efektif.

Bahkan jika pada saat pemilu nanti vaksin sudah tersedia, sebanyak 52% responden menyatakan jika mereka menolak untuk divaksinasi bahkan jika vaksin tersebut tersedia  secara gratis. (EB/cnnindonesia).

Related Articles

Back to top button