Opini / Gagasan

Mencetak Lulusan Santri yang Siap Bekerja

Oleh : Mita Wandayani

ENERGIBANGSA.ID ΜΆ  Sumber Daya Manusia atau yang lebih dikenal SDM adalah salah satu faktor terpenting dalam suatu operasional.

SDM juga mempengaruhi efektifitas kinerja dalam suatu usaha, SDM yang berkualitas tentunya SDM yang sudah melalui tahap beberapa pengembangan yang sudah ada, diantaranya adalah pelatihan.

Banyak saat ini BLK atau Balai Latihan Kerja yang mulai bermunculan, ada dibidang sandang papan dan juga pangan, atau bahkan bergerak pula dalam sektor industri jasa.

BLK mengantarkan seseorang mengenal dan mempelajari aspek dari suatu produk yang mungkin saat itu sedang naik daun.

Pelatihan pengembangan SDM biasanya didukung dengan program kerja Kementrian Ketenagakerjaan.

Implementasi daripada lamanya pelatihan biasanya difinalkan dengan sebuah uji kompetisi dimana ranahnya SDM yang mampu dan lolos dalam uji tersebut akan diberikan sebuah pengakuan dari lembaga yang mengujiakan, tentunya lembaga yang memang memiliki standar diantaranya adalah BNSP.

BLK biasanya bekerjasama dengan fasilitas pendidikan ataupun dengan lembaga komunitas yang memang memiliki wadah dalam sosialisasi masyarakat, diantaranya adalah BLK Syubannul Wathon.

BLK Syubbanul Wathon beralamat di Secang Magelang merupakan kerjasama antara Yayasan Syubbanul Wathon dengan program kerja kemenaker yang bertujuan menciptakan generasi santri yang siap bekerja di kemudian hari.

 Tak hanya sekedar pelatihan lanjutan daripada SDM yang sudah berkembang juga akan dipikirkan bagaimana sepak terjang permulaan usaha nantinya melalui pembiayaan modal yang nantinya akan diberikan proposal rancangan usaha dengan menilik beberapa faktor.

Pertimbangan faktor-faktor dan sudut pandang yang menarik nantinya yang akan diberikan dana permulaan sebagai modal usaha dengan pengawasan lembaga terkait.

Proses perhitungan BEP dan juga estimasi untung rugipun pastinya sudah diberikan materi terkait.

Ilmu yang mungkin sangat menarik dan memberikan wadah untuk SDM lebih berkambang dg program kerja yang tepat tujuan. 

Jenis pelatihan untuk siap bekerja seperti cetak sablon di mug, ganci, Sablon Kaos, dan kotak makan.

Untuk pendaftaran di BLK ini, dikhususkan hanya alumni Syubbanul Wathon, tetapi jika ada peminat dari luar santri boleh boleh saja.

Bukankah kedepannya akan menguntungkan bukan menjadi santri di sini? Selain menuntut ilmu kita juga mendapatkan bekal keterampilan.

* Mita Wandayani, Mahasiswi FE Manajemen Univ Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button