Opini / Gagasan

Memulai Usaha Mulai Dari Sekarang

Oleh : Achamd Zacky Maulana

ENERGIBANGSA.ID ̶ Mahasiswa semester akhir sedang dilanda keresahan. Bagaimana tidak, mereka yang sedang menjalankan kewajibannya yaitu membuat skripsi bingung akan mencari pekerjaan setelah wisuda nanti.

Maka dari itu ada tips dari penulis untuk memulai usaha dari sekarang, terlebih waktu di semester akhir sangatlah longgar, hanya ada bimbingan dengan dosen pembimbing saja.

Dunia bisnis memang lagi digemari kalangan kaum muda, terlebih dengan bisnis yang bisa dikerjakan dengan kegiatan lain seperti mengerjakan skripsi, bahkan usaha ini bisa untuk referensi membuat judul dan bahan untuk skripsi.

Usaha ini contohnya saja seperti berternak ikan lele. Tidak asing lagi memang ikan satu ini, kita dapat menjumpai ikan lele di penjual disekitaran masyarakat seperti pecel lele, hanya cukup menggoreng ikan lele dan terdapat sambal serta lalapan akan terasa enak dilidah.

Kandungan yang terdapat pada ikan ini sangat berguna untuk tubuh seperti terdapat lemak, protein, viamin B12, Fosfor, dan masih banyak lagi.

Langkah Awal Budidaya

Untuk memulai bisnis ini, langkah awal adalah menyiapkan terpal dengan ukuran yang disesuaikan.

Bisa juga dengan kolam lain seperti kolam tanah asalkan tanah tersebut sudah tidak mengandung mikroorganisme yang dapat membahayakan bibit ikan lele. 

Suhu air yang disarankan untuk kolam lele adalah 20 hingga 28 derajat celcius dan diberi garam (krosok) untuk menyeimbangkan pH air serta mencegah munculnya jamur.

Setelah kolam dan yang lainnya sudah siap diamkan 5-7 hari untuk ditebar benih ikan lele. 

Pemeliharaan Ikan Lele

Pemberian pakan untuk lele harus konsisten setiap harinya, di pagi hari, siang dan malam hari. Untuk pakan sendiri kita bisa membeli di toko yaitu pakan pelet.

Kita juga bisa memanfaatkan daun pepaya, daun singkong, dan sebagai pakan.

Untuk mengganti air pada kolam budidaya ikan lele dapat dilakukan apabila baru saja terjadi hujan, atau menimbulkan bau tercium bau tidak sedap di kolam.

Penggantian air maksimal hanya 50% dari seluruh jumlah air di dalam kolam. Tahap awal melakukan penggantian air, yaitu membuang yang terdapat di sekitar bagian dasar kolam karena air tersebut mengandung racun yang dapat membahayakan ikan lele.

Sebelum mengganti air, untuk menghindari stres pada ikan sebaiknya jangan diberi pakan ikan lele selama 1 hari. Bertujuan untuk menghindari stres pada ikan. 

Masa Panen

Ikan lele yang sudah berumur 4 bulan sudah siap dipanen, langkahnya sangat mudah yaitu air didalam kolam dibuang agar memudahkan untuk menangkap ikannya.

Jika kita memulai usaha  dari sekarang maka setelah wisuda kita dapat memanennya bukan? Orang tua pasti akan bangga dengan kreatifitas kita.

Maka dari itu mulai dari sekarang mari kita siapkan alat dan bahan untuk membuat kolam. Selamat mencoba.

*Achamd Zacky Maulana, Mahasiswa FE Manajemen Univ Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button