ENERGI JATENG

Melalui Hetero Space, Lazada Bersama Pemprov Jateng Kembangkan UMKM Desa di Jawa Tengah

ENERGIBANGSA.ID – Melalui Dinas Koperasi & UKM Jawa Tengah, Hetero Space, dan Lapak Ganjar Pemprov Jateng berkolaborasi dengan Lazada Indonesia (Lazada) menggelar Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia, Jumat (12/08).

Gerakan AKAR Digital Indonesia yang digagas Lazada merupakan program edukasi dan pendampingan dengan metode “Getok Tular” yang akan membantu UMKM Desa masuk ke marketplace.

Kegiatan ini akan didampingi Sarjana Muda Penggerak Desa dari program PKKP.

Vice President, Government Affairs, Lazada Indonesia, Yovan Sudarma mengatakan,

“Gerakan AKAR Digital Indonesia bertujuan untuk memberdayakan ekosistem ekonomi digital Indonesia, di mana peningkatan daya saing UMKM daerah menjadi salah satu fokusnya. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi strategis dengan jumlah UMKM asal Jawa Tengah di platform Lazada yang terus bertambah signifikan. Kami berharap kehadiran program ini bisa terus mendorong minat UMKM di Jawa Tengah ini untuk masuk dan sukses di dunia digital.”  

Program ini menggaet 50 Sarjana Muda PKKP yang akan mendampingi 100 UMKM Desa.

Program ini juga memberikan fasilitas pelatihan seputar kesiapan berbisnis, branding, copywriting, foto produk, manajemen hubungan pelanggan hingga tips dan trik berjualan melalui Lazada melalui bootcamp yang dilaksanakan selama dua hari.

Berlokasi di Karang Panginyongan, Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Gerakan AKAR Digital Indonesia dimulai pada 12 Agustus 2022 dengan acara Kick Off AKAR Digital Indonesia untuk Jawa Tengah yang dilaksanakan secara offline di Hetero Space.

Berlanjut di tanggal 30-31 Agustus 2022, yakni bootcamp bagi UMKM Desa yang didampingi para Sarjana Muda PKKP.

“Program Gerakan AKAR Digital Indonesia Lazada untuk UMKM DESA ini didesain tidak hanya sebagai program pelatihan sekali jalan, tapi menjadi program yang berkelanjutan dan memiliki manfaat yang luas bagi UMKM Desa dari seluruh Jawa Tengah” Ungkap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya.

“Kami berharap kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk pelaksanaan Gerakan AKAR Digital Indonesia ini bisa terus berlanjut demi pertumbuhan perekonomian digital yang inklusif, khususnya di Jawa Tengah,” tambah Yovan dari Lazada Indonesia.

“Melihat produk-produk dari UMKM desa memiliki potensi yang sangat tinggi. Program ini dapat menjaring serta mengetahui hambatan yang dialami. Nantinya program pemberdayaan akan terus mendorong sertra-sentra untuk terus berkembang. Harapannya UMKM desa bisa lebih siap menghadapi dunia bisnis sampai proses pemasarannya.” Hatta Hatnansya Yunus, SSTP, MSi (Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah)

Adanya program Gerakan AKAR Digital Indonesia untuk Jawa Tengah diharapkan memberi manfaat secara berkelanjutan bagi UMKM di Desa.

Hetero Space

Hetero Space didirikan pada Agustus 2016 dimulai sebagai ruang kerja bersama dan sejak itu berkembang menjadi pembangun ekosistem kreatif yang menawarkan solusi kewirausahaan dan sangat peduli untuk berdampak pada masyarakat.

Hetero Space merupakan coworking space kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah bersama private sector.

Hetero Space fokus menyediakan ruang dan berjejaring bagi para industri kreatif, UMKM, startup, pemuda, serta stakeholder lainnya.

Saat ini, Hetero Space telah didirikan di Semarang dan Surakarta.

Related Articles

Back to top button