Opini / Gagasan

Media Sosial Menjadi Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan di Era Pandemi

Oleh : Muhammad Raihan Qhoiry Rafi’i Wijanarko

ENERGIBANGSA.ID  ΜΆ  Pandemi Covid-19 mengakibatkan seluruh negara mengalami keterpurukan terutama dalam sektor ekonomi.

Adanya virus ini pelaku usaha lah yang merasakan dampaknya.  Semenjak adanya pandemi para pedagang banyak yang mengalami kebangkrutan, bahkan ada juga yang menutup usahanya.

Oleh karena itu, para pedagang harus memutar strategi dalam memasarkan produknya, yang awalnya pedagang memasarkan produknya secara offline harus merubah sistem penjualan secara online.

Pedangan harus mampu beradaptasi dengan teknologi untuk memajukan usahanya serta untuk  mempertahankan usaha akibat pandemi ini.

Media sosial memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan penjualan. Hal ini karena gaya hidup masyarakat yang berubah semenjak adanya pandemi.

Selama pandemi masyarakat lebih memilih melakukan pembelian semua kebutuhan sehari harinya secara online dengan alasan agar terhindar dari virus Covid-19.

Adapun cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan media sosial yaitu :

1. Menentukan Jenis Sosial Media

Tidak semua sosial media efektif untuk dijadikan tempat promosi. Oleh karena itu, pedagang harus pintar dalam memilih sosial media sebagai wadah promosi untuk melakukan penjualan.

Sosial media yang efektif untuk melakukan penjualan, yaitu Instagram, Facebook dan TikTok, ketiga sosial media ini sangat menguntungkan jika digunakan sebagai tempat promosi karena jangkauannya lebih luas dan banyak masyarakat yang menggunakan media sosial ini.

2. Harus Memiliki Kreatifitas yang Tinggi

Melakukan promosi di media sosial harus diimbangi dengan kreatifias. Misalnya, pemasaran di TikTok pedagang harus kreatif dalam membuta video promosi karena dengan video promosi yang menarik dapat memikat konsumen untuk membeli produk.

3. Media Sosial Memiliki Waktu yang Lebih Efisien

Melakukan penjualan di media sosial memiliki waktu yang sangat efisien karena pedagang dapat menjual produk kapan saja.

Selain itu, pedagang juga dapat menjual dan mempromosikan produk di rumah.

*Muhammad Raihan Qhoiry Rafi’i Wijanarko, Mahasiswa FE Univ Wahid Hasyim

Related Articles

Back to top button