fbpx
Nasional

Mayoritas Harga Pangan Alami Kenaikan, Cabai Rawit Paling Tinggi

Semarang, energibangsa.id ꟷ Per awal minggu ini mayoritas harga pangan mengalami kenaikan. Tercatat harga cabai rawit hijau dan rawit merah mengalami kenaikan tertinggi.

Data tersebut didapatkan dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) pada hari Senin, 23 November 2020. Rata-rata di pasar tradisional harga cabai rawit hijau mencapai Rp 37.950/Kg atau naik 12,44% jika dibandingkan dengan hari Jumat (20/11) lalu.

Tercatat harga tertinggi dari cabai rawit hijau terjadi di Kota Ternate, Maluku Utara. Di daerah tersebut per kilo dari cabai rawit hijau mencapai Rp 105 ribu. Sementara di Kota Lombok Timur, NTB, harga cabai rawit hijau sebesar Rp 10.000/Kg. harga tersebut menjadi harga terendah dibandingkan dengan daerah-daerah lain.

Menyusul harga cabai rawit hijau, harga cabai rawit merah menjadi Rp 43.150/Kg atau mengalami kenaikan sebesar 11,21%. Kota Jayapura, Papua tercatat menjadi daerah termahal dengan per kilogram mencapai Rp 91.900 ribu dan terendah di Lombok Timur, Rp 17.00/Kg.

Komoditas bawang putih, minyak goreng, gula pasir, beras, daging sapi, dan bawang merah juga mengalami kenaikan meskipun presentase kenaikan di bawah 5% dibandingkan pekan lalu.

Berbading terbalik dengan beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan, beras kualitas medium II, beras kualitas bawah II, daging ayam ras segar, cabai merah besar, dan cabai merah keriting tercatat mengalami penurunan.

Penurunan harga terbesar terjadi pada cabai merah keriting yang menjadi Rp 38.550/Kg (3,38%). Adapun harga beras kualitas medium I tetap di level Rp 11.850/Kg.

Related Articles

Back to top button