fbpx
Kabar Daerah

Laporkan Jalan Rusak Lewat Aplikasi “Jalan Cantik”, Begini Caranya…

SEMARANG, energibangsa.id – Aduan mengenai jalan rusak di wilayah Jateng semakin banyak. Kini, bagi warga Jateng yang ingin mengadukan jalan rusak bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah yaitu menggunakan aplikasi “Jalan Cantik”.

Dialnasir dari Kompas, Sabtu (26/12), aplikasi “Jalan Cantik” bisa diunduh melalui Playstore. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga sempat menginformasikan aplikasi ini melalui akun Twitternya @ganjarpranowo.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Jateng, AR Hanung Triyono mengatakan, masyarakat Jateng bisa melaporkan jalan yang rusak melalui aplikasi ini. Setelah dilaporkan, masyarakat bisa memantau proses pengerjaan jalan hingga selesai.

Aplikasi “Jalan Cantik” merupakan gagasan dari DPU Bina Marga Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah (DPU Binmarcipka). Hal ini sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat Jateng.

Laporan jalan yang masuk melalui aplikasi “Jalan Cantik” sejak Juni 2019 sampai 23 Desember 2020 sebanyak 149 laporan jalan nasional yang rusak.

Sedangkan untuk jalan provinsi terdapat 289 laporan, jalan kabupaten sebanyak 1.207, jalan desa 453 laporan dan lainnya yaitu sebanyak 1.692 laporan.

Hanung menambahkan, di bulan Desember 2020 ini terjadi peningkatan laporan. Terdapat 68 laporan jalan nasional rusak, 70 jalan provinsi, 480 jalan kabupaten, 214 jalan desa dan 28 laporan lainnya.

Tindak lanjut laporan

Hanung menjelaskan, ketika ada laporan yang masuk akan diterima oleh petugas admin dan akan menindaklanjuti laporan kepada pihak terkait. Jalan provinsi akan ditangani oleh tim lapangan. Jalan kabupaten/kota/desa akan ditindaklanjuti dengan meneruskan lapran tersebut.

Setelah selesai ditangani, akan ditindaklanjuti kemudian diinformasikan melalui media sosial. Cara untuk melaporkan jalan yang rusak melalui aplikasi “Jalan Cantik” memang mudah dan sanagat membantu.

Cukup mengunduh aplikasi malalui Playstore dan login ke aplikasi. Selanjutnya, unggah foto kondisi jalan yang dilaporkan. Kemudaian, atur peta kolaksi jalan tersebut. Setelah itu, pilih opsi keluhan jalan,

Jika semua sudah terisi, klik “Laporkan”. Maka, laporan ini telah berhasil direkam oleh sistem yang kemudian akan ditindaklanjuti. Selanjtunya setelah melaporkan, bisa memantau perkembangan laporanya melalui aplikasi ini. (*)

Related Articles

Back to top button