fbpx
Kesehatan

Mau Detox? Ini Makanan yang Baik dan Buruk untuk Kamu yang Berjerawat

ENERGIBANGSA.ID–Setiap orang pasti menginginkan memiliki kulit yang bersih dan sehat, namun sebagian orang masih banyak yang belum bisa mengatur pola makannya dengan baik.

Kesalahan dalam pemilihan jenis makanan. Serta, porsi yang tidak terkendali bisa berakibat buruk bagi kesehatan kulit. Bahkan memicu munculnya jerawat. Lalu, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi bagi kamu yang berjerawat? Dan makanan apa yang harus dihindari?

Makanan yang baik

1.Buah-buahan

Kandungan gizi dalam buah meliputi serat, vitamin, mineral, kalium, kalsium dan sebagainya. Ini sangat baik untuk regenerasi sel dari dalam kulit.

2.Sayur

Tidak semua orang menyukai sayur, anggapan rasa dan tekstur sayur yang aneh membuat sebagian orang menghindari itu.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah mencoba memakan sayur dengan bentuk variasi lain. Namun perlu diingat, pengolahan sayur yang kurang tepat justru bisa menghilangkan kandungan nutrisinya.

3.Ikan

Kandungan omega 3, lemak, kalsium, kolagen, protein dan masih banyak lagi pada ikan sangat baik bagi kulit. Banyak sekali olahan ikan yang bisa kita temui di pusat perbelanjaan, penyajiannya yang praktis banyak disukai banyak orang, seperti sarden.

Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu membelinya dalam kondisi fresh lalu mengolahnya secara langsung.

4.Biji-bijian

Biji-bijian  seperti biji labu, biji chia, biji flax baik dikonsumsi setiap hari. Namun tetap dengan porsi yang wajar. Biji-bijian dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi, penangkal radikal bebas, mempercepat penyembuhan luka hingga menangkal pemicu kanker.

5.Youghurt

Olahan fermentasi susu satu ini memiliki  vitamin B-kompleks. Di antaranya vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6 (piridoksin), asam folat, asam pantotenat. Serta, biotin yang dapat membantu peremajaan sel kulit.

Makanan yang harus dihindari

1.Junk Food

Banyak dari kita yang sulit menghindari  junk food. Karena rasanya yang lezat dan tak terlupakan di lidah. Akan tetapi, banyak junk food yang tidak mengandung nutrisi. Kalaupun ada, nutrisi itu pun belum tentu banyak.

2.Coklat

Coklat menjadi primadona banyak orang sekarang ini selain keju. Di samping rasanya yang lezat , coklat juga dipercaya dapat memperbaiki suasana hati. Namun, perlu diperhatikan coklat yang kamu konsumsi.

Coklat kemasan yang sering kita temui di toko mengandung banyak gula. Pilihlah coklat hitam jika ingin tetap mengkonsumsi coklat. Coklat hitam adalah coklat yang paling baik untuk dikonsumsi dikarenakan kandungan gulanya yang rendah.

3.Susu

Tidak semua susu baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Susu full cream sering kali mengandung lemak jahat yang dapat menumbuh di dalam tubuh dan menghambat regenrasi sel kulit.  Jika ingin mengkonsumsi susu, pilihlah susu dengan kandungan rendah lemak.

4.Makanan Berlemak

Makanan berlemak dapat didefinisikaan menjadi beragam. Beberapa contoh makanan berlemak seperti makanan yang di masak dengan banyak minyak, goreng-gorengan serta jeroan.

Nah, dengan begini kalian sudah tahu kan? Apa saja yang baik dikonsumsi dan apa saja yang harus dihindari ketika kondisi muka berjerawat? (*)

Related Articles

Back to top button