Kabar Indonesia

Matrash, Aplikasi Karya Mahasiswa Amikom Raih Penghargaan AIGC 2019

ENERGIBANGSA.ID – Generasi muda memang tidak pernah berhenti untuk terus berinovasi menciptakan karya yang dapat membawa nama baik Indonesia dengan menunjukkannya pada dunia dan masyarakat sendiri bahwa ada manfaat yang dapat digunakan untuk membantu dalam mengatasi masalah yang terjadi di lingkungan sekitar.

Masalah yang daridulu sampai sekarang masih terus mengganggu adalah mengenai bagaimana caranya mengelola sampah dengan baik dan benar yaitu dengan menggunakan aplikasi Matrash, sebuah platform aplikasi yang menyediakan cara pengelolaan sampah rumahan masyarakat seperti sampah organik, sampah anorganik dan sampah B3 yang sangat berbahaya beracun yang dapat mencemarkan lingkungan hidup dan pada akhirnya menimbulkan penyakit pada kesehatan.

Dilansir dari faktapers.id Matrash diciptakan oleh mahasiswa berbeda jurusan dari Universitas Amikom Yogyakarta yang terbentuk kedalam Tim AMCC yakni Syekh Arpi Ageng (Product Manager), Sandy Priyatna dan Ali Rahmat Ismail (Programer) serta Riana Anggita Saputri (Designer) yang sampai saat ini meskipun masih dalam tahap pengembangan dengan pendampingan, namun melalui beberapa riset, validasi pasar dan memiliki HaKI atau Hak Kekayaan Intelektual di Kementrian Hukum dan HAM.

Fitur yang disediakan aplikasi ini juga sudah lengkap dengan menu utama terdapat angkut cepat, angkut berlangganan, barang, peta, jual barang, tukar barang. Tidak hanya itu terdapat juga informasi tips and trick tentang bagaimana cara membuat kerajinan dengan memanfaatkan sampah dan lain sebagainya.

Tidak heran, Aplikasi Matrash ini cocok dan layak mendapatkan penghargaan meraih mendali emas dalam ajang Advance Innovation Global Competition (AIGC) pada tahun 2019 yang diadakan di Nanyang Technological University of Singapore yang diikuti oleh beberapa negara dan merupakan event AIGC pertama yang nantinya akan diadakan setiap tahun.

Tidak hanya itu, Matrash juga sebelumnya telah memenangkan beberapa penghargaan seperti Best of The Best Apps di DSC Google Show Case 2019, Juara 2 National Aplication Develompment IT FEST USU 3.0 dan meraih juara 2 pada lomba PCTA (Parade Cinta Tanah Air) dari kementrian pertahanan RI pada tahun 2019, Finalis National Aplication Development Competition UNITY 2019 dan lolos pendanaan KBMI yang dilansir dari amikom.ac.id

Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungan dan yang tidak mau ribet dalam membuang sampah yang semakin hari semakin menumpuk. Semoga aplikasi ini dapat segera berkembang dan dapat dimanfaatkan untuk semua orang. Apakah Sobat Energi tertarik untuk menggunakan aplikasi Matrash ini? Atau ingin membuat inovasi yang lain dalam mengurangi masalah sampah?

Related Articles

Back to top button