fbpx
Pendidikan

Masyaallah!! Ada Konten Porno di Buku Pelajaran SMA, Simak!

ENERGIBANGSA.ID−Kabar prihatin menyelumuti dunia pendidikan kita. Bayangkan, belum lama ini telah ditemukan tautan atau link situs komik dewasa berbahasa Mandarin pada buku Sosiologi Kelas XII SMA.

Oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, situs komik dewasa itu telah dilakukan pengecekan. Pihaknya pun membenarkan bahwa tautan itu masuk ke laman kurang pantas.

“Jadi untuk sementara bukunya ditarik dulu ke perpustakaan di sekolah. Tidak akan dimusnahkan, tapi kita minta situs tersebut diblokir saja,” kata Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi, Rabu (10/2/2021).

“Saya sudah bertemu dengan orang IT dan memang dibenarkan (ada tautan),”ungkapnya.

Disdik, katanya, akan melayangkan surat ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) agar memblokir situs tersebut di Indonesia.

Melalui berbagai sumber pencarian, awalnya situs tersebut berisi penjualan pompa industri dari China.

Namun tak lama berselang, situs tersebut mengarahkan secara otomatis menghubungkan pada tautan bermuatan gambar-gambar komik dewasa dengan bahasa asing.

Diungkap oleh MGMP Jawa Barat

Temuan buku pelajaran Sosiologi SMA kelas XII tersebut diungkap oleh Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi Jawa Barat, Iwan Hermawan.

Ia menyebutkan bahwa buku yang diterbitkan PT Cempaka Putih asal Klaten, Jawa Tengah, tersebut telah lama terbit dan menjadi bahan ajar kurikulum 2016 mata pelajaran Sosiologi bagi SMA.

Iwan tak menampik jika buku pelajaran SMA tersebut masih beredar di masyarakat.

Pasalnya, di beberapa sekolah di Jabar membeli buku tersebut dalam jumlah banyak untuk dipinjamkan ke siswa.

Dari penemuannya itu, pihaknya tak menyalahkan penerbit atau penulis buku.

Ia pun berharap Kemenkominfo segera mengambil tindakanyang benar dalam menangani hal tersebut. (ara)

Related Articles

Back to top button