Gaya Hidup

Masih Ragu? Ternyata 7 Jenis Ikan Ini Bisa Dimakan Mentah

ENERGIBANGSA.ID – Ikan menjadi salah satu sumber protein yang cukup mudah ditemukan.

Dari beragam jenis ikan ternyata beberapa di antaranya dapat dikonsumsi secara langsung tanpa melalui proses memasak dahulu (mentah).

Luasnya lautan menjadikan sebagian kecil ikan dapat dimakan secara mentah karena tidak memiliki parasit.

Sebagian parasit yang berada dalam ikan yang tidak dapat dikonsumsi mentah dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan atau bahkan merenggut nyawa seseorang.

Parasit dalam ikan yang hidup hanya dapat dibunuh dengan memasak atau membekukan ikan di freezer.

Untuk itu, penting untuk mengetahui jenis ikan yang tidak memiliki parasit sehingga aman dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Di bawah ini Energi Bangsa merangkum beberapa daftar ikan yang aman dikonsumsi secara langsung. Beberapa di antaranya kamu pasti tahu!

1. Salmon

Jenis ikan yang satu ini, lebih baik dikonsumsi secara mentah daripada dimasak hingga matang terlebih dahulu.

Melansir dari medicalnewstoday, salmon dalam kondisi mentah mengandung enzim thiamin, yaitu vitamin B agar dapat meningkatkan energi dan sistem saraf.

Selain itu, ikan mentah ini juga memiliki kadar omega-3 yang cukup tinggi.

Sebab, salmon yang direbus atau digoreng terlebih dahulu selama beberapa menit kadar omega-3 akan berkurang.

2. Sarden

Ikan sardenlebih baik dikonsumsi daripada sardine kalengan karena dapat meminimalisir bahan pengawet sehingga manfaatnya lebih maksimal.

Sebab, jenis ikan ini memiliki segudang khasiat. Salah satunya adalah mengandung Vitamin D untuk mencegah kanker usus besar.

Selain itu, zat antioksidan selenium dalam sardine juga berguna untuk mencegah radikal bebas dan memelihara kesehatan organ dari segala kerusakan.

3. Halibut

Jenis ikan satu ini, jika dikonsumsi dalam keadaan mentah mengandung kandungan gizi yang kaya, yaitu air, fosfor, kalium, retinol, niasin, selenium, protein, pantotenat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, dan kolina.

Kandungan gizi tersebut dapat melancarkan sistem peredaran darah, mencerahkan dan meremajakan kulit, mendukung fungsi otak, memulihkan kesehatan tulang dan mencegah penyakit liver, seperti yang dilansir dalam laman usda.gov

4. Haddock

Kandungan ikan mentah ini hampir sama dengan jenis ikan halibut. Bedanya, kandungan gizi ini tidak terdapat vitamin E layaknya ikan halibut.

Jadi, jenis ikan ini tidak memiliki manfaat yang baik dalam mencerahkan dan meremajakan kulit seseorang. Selain dari itu, semua manfaat dalam ikan ini sama dengan ikan halibut.

5. Pollock

Jenis ikan ini kaya akan kandungan omega-3, vitamin, dan mineral. Akibatnya, tidak perlu lagi meragukan manfaat ikan ini.

Manfaat ikan pollock, yaitu menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut, mengurangi peradangan, menjaga stabil berat badan, menjaga kesehatan otak, menurunkan risiko penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker.

6. Hake

Jenis ikan hake ini merupakan sumber protein yang sangat baik. Ikan ini mengandung kalsium, kalium, magnesium, yodium, besi, zink, klorin, tembaga, kobalt, dan vitamin.

Nantinya vitamin ini dapat membantu membebaskan toksin dari tubuh.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit kelenjar tiroid atau selaput lendir, hake adalah jenis ikan penolong terbaik untuk mengobatinya. Hake juga dapat mengatur kadar gula darah.

7. Tuna

Nutrisi yang dimiliki oleh tuna per satu takaran saji atau 56-60 gram terdiri dari 70 kalori. Selanjutnya jumlah proteinnya sekitar 13 gram dan lemak 2 gram.

Selain makro nutrien yang baik yang mencukupi kebutuhan kalori. ada juga kandungan lain yang cukup besar seperti Omega-3 yang dikenal baik untuk kesehatan otak dan mencegah inflamasi.

Tuna juga mengandung cukup banyak zat besi, potasium, dan vitamin B. Kandungan antioksidannya juga cukup banyak dan berguna untuk menjaga daya tahan tubuh serta mencegah seseorang jadi mudah sekali sakit.


Related Articles

Back to top button