Kabar IndonesiaKesehatan

Masabuk, Masker Anti Mabuk Inovasi Karya Siswi Berprestasi Asal Semarang

ENERGIBANGSA.ID – Inovasi karya anak Indonesia kembali menciptakan sebuah produk dengan terus menemukan ide untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengatasi beberapa keluhan yang sering dialami.

Salah satu yang sering dikeluhkan dan sangat menganggu yakni ketika akan berpergian, sering kali merasa mabuk kemudian menimbulkan mual yang tidak diinginkan. Entah itu disebabkan karena transportasi yang ditumpanginya atau sopir yang mengendarai, bahkan kondisi yang sempit-sempitan, aroma yang tidak sedap menjadi penyebab kurangnya kenyamanan.

Apalagi ditambah keadaan masyarakat yang serba cepat terkadang merasa tidak sempat untuk meminum obat. Namun, Dinara Safira Putri Sandy, siswa SMA Negeri 15 Semarang memberikan solusi dengan menciptakan karya inovasi yang diberi nama Masabuk atau Masker Anti Mabuk. Seperti namanya, Masabuk ini berbentuk masker dan memiliki kandungan khasiat.

Berawal dari keluhan yang dialami adiknya saat mabuk diperjalanan tetapi tidak ingin minum obat padahal seharusnya dapat menikmati perjalanan dengan bahagia dan nyaman bukan mabuk sehingga membuat Dinara merasa iba dan mulai untuk membuat penelitian didasarkan jurnal atau buku kemudian menemukan metode yang cocok memadukan jahe dengan masker yang trendy.

Dilansir dari suaramerdeka.news, Masabuk ini tidak memiliki efek samping seperti pada obat karena terbuat dengan beberapa lapisan. Lapisan yang pertama yang terletak di luar berfungsi untuk mencegah masuknya partikel dan debu ke dalam hidung. Kemudian ada lapisan rempah yang terbuat dari pengolahan jahe sebagai penetralan bau dan yang terakhir adalah lapisan lembut untuk menghindari efek iritasi pada kulit.

Tidak hanya mampu meredakan mabuk, Masabuk juga berguna menghilangkan radang hidung, pusing, mual dan iritasi. Masabuk ini juga berkompetisi dalam ajang National Young Inovators Award (NYIA) 2019 di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Banten.

Inovasi Masabuk mengajarkan kepada anak muda untuk mampu dalam menemukan ide inovasi yang berguna, mungkin dapat ditemukan di lingkungan sekitar atau saat mengalami sebuah masalah. Bagaimana Sobat Energi? Apakah Tertarik menggunakan Masabuk ini untuk meredakan rasa mabuk ketika sedang melakukan perjalanan?

Related Articles

Back to top button