Tempat Wisata Alam Kawah Ijen/dok. istimewa
Wisata & Kuliner

Masa Pandemi, Tiket ke Kawah Ijen Hanya Bisa Dipesan Lewat Online

0

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Hampir semua turis yang datang ke Banyuwangi, Jawa Timur, menempatkan Kawah Ijen menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Terkenal akan keindahan api birunya (blue fire), Kawah Ijen selalu sukses mengundang rasa penasaran para turis yang khususnya berasal dari luar kota.

Namun dengan adanya pandemi ini, baru-baru ini dikabarkan jika pengelola Taman Wisata Alam Kawah Ijen mulai menerapkan aturan baru bagi calon pengunjung.

Melansir dari Kumparan.com melaui official akun instagramnya, terdapat beberapa aturan baru yang diberlakukan untuk pengunjung. Aturan yang pertama yaitu pemesanan tiket saat ini hanya dapat dilakukan secara online melalui laman https://tiket.bbksdajatim.org.

Dari situs tersebut telah dicantumkan jika calon pengunjung diwajibkan untuk mengisi data diri dan nama lengkap sesuai dengan data diri di KTP. Kemudian pada saat telah tiba tempat pengunjung wajib memperlihatkannya kepada petugas di pintu masuk.

Selain itu ada baiknya jika pengunjung memastikan terlebih dahulu mengenai tanggal kunjungan maupun pendakian. Apabila pada saat melakukan reservasi tanggal pengunjung melakukan kesalahan, maka pengunjung tidak dapat melakukan refund maupun perubahan jadwal.

Sedangkan untuk melakukan pembayaran tiket, pengunjung diminta untuk mentransfer ke virtual account TWA Kawah Ijen. Aturan ini diketahui akan mulai berlaku per tanggal 1 Oktober 2020. Selama bulan September ini, sistem pembayaran masih dapat dilakukan on the spot di lokasi atau via transfer bank.

Untuk menjamin kesehatan disana, para petugas di TWA Kawah Ijen juga telah melakukan rapid test sebelum menerima wisatawan. Mereka nantinya juga akan bertugas untuk melakukan pengecekan suhu tubuh, perlengkapan protokol kesehatan, dan pengawasan cuci tangan.

Kemudian, per satu hari pengunjung juga dibatasi hanya 225 wisatawan, atau 50% dari kuota pengunjung. Hal tersebut dilakukan dalam rangka penerapan social distancing di kawasan TWA Kawah Ijen. Tak hanya itu, warung dan pedagang yang ada di Paltuding Ijen juga sudah menerapkan protokol kesehatan dan penerapan social distancing. (EB/kumparan).

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Keren, Robot Denok Kenang Siap Layani Warga Semarang Cegah COVID-19

Previous article

Gooollll ! Garuda Muda vs Qatar, Menang 2-1

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.