Kabar Indonesia

Maraknya Perceraian ASN di Bandung Akibat ‘Cinta Lokasi’, Pemkab Anjurkan Pasang Foto Keluarga di Ruang Kerja

ENERGIBANGSA.ID – Setelah hangat dengan cetusan religius baru Kemenag yang melarang ASN memakai cadar di kantor, kini ASN di Bandung tak luput dari pantauan pemerintah. Hal pribadi rumah tangga bahkan diperhatikan oleh Pemerintah setempat yang menyoroti angka perceraian naik di kalangan pegawai negeri sipil.

Seolah sedang tren naiknya angka perceraian pegawai negeri sipil yang terdengar oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, tercatatnya kehidupan pribadi PNS tersebut dapat di ketahui karena ada mekanisme lapor atasan jika seorang PNS ingin bercerai.

Hembusan kabar membawa aib citra PNS keluarga monogamy bahagia dengan dua anak, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung akhirnya turun membuat imbauan agar PNS memasang foto keluarga di ruang kerja.

“Pemasangan foto keluarga di ruangan kerja ini sebagai alarm pencegahan agar mengurangi perceraian di kalangan PNS,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung Nia Kurnia Agustina, istri Bupati Bandung Dadang M. Nasser, dikutip dari vice.com

Pasang foto keluarga di ruang kerja menjadi bentuk mawas diri untuk PNS, menurut Nia Kurnia ini adalah salah satu solusi yang dapat membuat PNS tidak terpengaruh dengan hal-hal perselingkuhan.

Awal dari perceraian ASN kerap kali dikaitkan dengan perselingkuhan antar sesama PNS yang sudah berkeluarga di lingkungan kantor. Cinta lokasi karena seringnya bertemu di kantor atau mendapat tugas ke luar kota bersama menjadi alasan dengan pemikiran pendek yang menyimpulkan asmara sesaat hingga mengorbankan keluarga di rumah.

Kesejahteraan PNS dengan jaminan dari pemerintah yang semakin baik, membuat para pegawai bisa memperbaiki status sosial jadi lebih baik. Tetapi, dengan imbauan memasang foto keluarga setidaknya bisa menjadi alarm renungan untuk mengingat keharmonisan keluarga sangat penting.

Saran dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung tersebut bisa membuat kesadaran masing-masing orang lebih terbuka, karena saat berada di meja kerja ada foto keluarga seperti cermin yang memantau morak perilakunya sendiri selain CCTV yang sudah melengkapi keamanan kantor.

Ide lain yang di sampaikan Nia agar tidak ada isu cinta lokasi atau CLBK yang berujung dengan perselingkuhan hingga perceraian, ia mengimbau PNS untuk mengajak istri dan anak atau pacar hadir di acara reuni yang diadakan kantor. Tujuannya agar pasangan mengetahui dan mengenal orang-orang di lingkungan kerja.

Data dari Pengadilan Agama Bandung Baratpun kebingunan menangani kasus gugatan perceraian yang melonjak dati tahun lalu 700 perkara pada Juli 2019 lalu menjadi 1.011. Alasan yang paling sering ditemukan ialah perselingkuhan dan masalah ekonomi.

Imbauan pasang foto di tempat kerja itu semoga bisa diterapkan di semua instansi seluruh Indonesia untuk menjaga keharmonisan keluarga dan kehidupan pribadi.

Mawas diri untuk menjaga hawa nafsu saat bekerja harus selalu diterapkan, keadaan di lingkungan kerja yang dapat memberikan efek buruk juga perlu kita perkuat iman kita dengan lebih dekat pada Tuhan dan ingat keluarga yang menanti di rumah.

Related Articles

Back to top button