fbpx
Nasional

Mantap! Sandiaga Ajak Anak Muda Bisnis Berwawasan Lingkungan

ENERGIBANGSA.ID – Sandiaga Uno yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, selalu menegaskan kepada anak muda untuk menjalankan bisnis berwawasan lingkungan. Mengingat, Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa yang seharusnya kita jaga kekayaannya.

Dilansir dari republika, Jumat (1/1), kini peluang bisnis berwawasan lingkungan dan berkelanjutan sanagat luar biasa. Menurutnya, jika anak muda membangun bisnis berwawasan lingkungan diharapkan bisa adil untuk pembangunan kedepannya.

Belakangan ini, isu mengenai lingkungan telah muncul dan menjadi perhatian masyarakat. Maka dari itu, kini banyak muncul Gerakan atau kampanye tentang kesadaran menjaga alam.

Kalangan artis dan figur publik juga kerap mengajak masyarakat, terlebih anak muda untuk mencintai lingkungan. Hal ini juga disoroti dalam berbisnis, binis saat ini juga diharuskan untuk ikut serta dalam menyelamatkan lingkungan menjadi tujuan yang sangat baik.

Kini dalam berbisnis tidak hanya mementingkan profit tetapi juga memiliki keinginan yang posiif untuk memperbaiki dan mengurangi permasalahan di lingkungan sekitar. Ini akan menjadai hal yang menyenangkan bagi orang yang memiliki kepedulian khusus agar lingkungan menjadi baik dan nyaman.

“Anak-anak muda harus berani memulai bisnis dengan memperhatikan 3P People, Profit, Plane agar mempunyai dampak yang luas apalagi dimasa pandemic ini agar bisa membuat ekonom bangkit,” ungkapnya.

Ditanamkan pada generasi muda

Co Founder DU Anyam, Hanna Keraf mengatakan, bisnis berwawasan lingkungan memang harus ditanamkan pada generasi muda. Tidak hanya mendapatkan profit semata, model bisnis seperti ini bisa melestarikan lingkungan.

Seperti yang telah dilakukan pada bisnis DU Anyam, bisnis ini fokus dalam mengembangkan produk lokal berupa kerajinan tangan berbahan rotan. Asalnya yaitu dari Larantuka, nusa Tenggara Timur dan dipasarkan baik secara nasional maupun internasional.

Bisnis ini memberikan contoh untuk memberdayakan keberlanjutan sumber daya alam agar tetap terjaga. Hanna Keraf juga selalu mengajak masyarakat untuk menumbuhkan minat beli terhadap produk lokal dalam negeri.

Dengan lebih banyak membeli produk dalam negeri maka sama seperti membantu teman di daerah untuk bisa melestarikan lingkungan baik dari produk makanan atau kerajinan tangan. Selain itu  juga memiliki tujuan agar perekonomian tumbuh selaras dengan kelestarian lingkungan.

Hanna mengatakan, berbisnis tidak melulu soal profit melainkin berbisnis juga berkewajiban untuk memberikan edukasi kepada publik untuk mengangkat produk lokal. Agar, semakin banyak anak muda dan masyarakat mencintai produk lokal dan melestarikan lingkungan. (*)

Related Articles

Back to top button