fbpx
Kabar Daerah

Mantab! Sebanyak 80.902 Sertifikat Tanah Telah Dibagikan Untuk Warga Jateng Dalam Program PTSL

SEMARANG, energibangsa.id –  Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) telah berhasil mengumpulkan 80.920 sertifikat tanah. Pembagian ini dilakukan secara simbolis di Hotel Patrajasa pada Selasa (5/1) lalu.

Dilansir dari jatengprov.go.id, Selasa (5/1), pembagian sertifikat tanah ini dilakukan secara virtual di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo. Total dari PTSL yang diserahkan yaitu sebanyak 584.407 di 26 provinsi.

Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Jateng, Prasetyo Aribowo juga turut hadir secara virtual. Ia juga memberikan pesan kepada para penerima sertifikat tanah untuk bisa menjaga dengan hati-hati.

“Meneruskan pesan dari Bapak Presiden, simpan sertifikat baik-baik dan difotokopi. Jangan sampai hilang. Monggo kalau mau digunakan sesuai kepentingan masing-masing. Saya kira Bapak dan Ibu punya pertimbangan dan kalkulasi. Tentu kita eman-eman sertifikat yang sangat penting ini,” ungkapnya.

Ia turut mengapresiasi kepada beberpa pihak yang mendukung program PTSL.  Termasuk Badan Pertanahan Nasional yang telah bekerja sama dengan Pemda dan FKPD. Juga, pemerintah pusat yang telah menyukseskan program PTSL.

Capai target di tahun 2020

Dengan suksesnya program ini, menjadi bukti Badan Pertanahan Nasional Jateng telah berhasil mencapai targetnya di tahun 2020. Walaupun belum memenuhi taget yang seharusnya yaitu sebanyak 1,5 juta sertifikat.

Kepala Kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional Jateng, Embun Sari mengatakan, tahun ini tidak bisa mencapai target dikarenakan masih pandemic. Maka dari itu, ada refocusing anggaran dan targetnya pun turun menjadi 750 ribu sertifikat.

Penyerahan 80.902 sertifikat tanah pada periode akhir ini sekaligus juga menuntaskan target penyerahan sertifikat di tahun 2020. Penyerahan sertifikat ini dilakukan secara simbolis.

Dalam kesempatan ini, pihaknya juga mendeklarasikan desa lengkap pertama di Indonesia.

“Desa lengkap itu, seluruh bidang tanah di desa terpetakan tanpa kecuali. Termasuk jalan, unsur geografi seperti danau, situ, kawasan hutan, fasos, fasum, itu kan jarang ada yang menyertifikatkan,” tutupnya.

Desa lengkap di Jateng telah berhasil di raih oleh enam desa yaitu satu desa di Temanggung dan lima desa di Purworejo. (*)

Related Articles

Back to top button