fbpx
Kabar Daerah

Mantab! BRT Trans Jateng Akan Buka Rute Semarang-Gubug

SEMARANG, energibangsa.id –  Bus Rapid Trans Jateng akan membuka koridor kawasan aglomerasi Kedungsepur pada 2021 nanti. Untuk rutenya dari Terminal Penggaron, Semarang ke Terminal Gubug dan Kabupaten Grobogan.

Dilansir dari solops, Rabu (23/12), BRT Trans Jateng selama ini sudah membuka lima koridor dengan rute Semarang-Bawen. Lalu, Purwokerto-Purbalingga, Semarang-Kendal, Purworejo-Borobudur dan Sragen-Solo.

Rencana penambahan koridor Kawasan aglomerasi Kedungsepur ini disampaikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng, Satriyo Hidayat. Saat Ia sedang meninjau arus pemudik di Terminal Bawen, Semarang.

“Tahun depan, kami berencana membuka koridor di Kawasan aglomerasi Kedungsepur, rute Terminal Penggaron-Terminal Gubug,” ungkapnya.

Buy the service

BRT Trans Jateng sudah beroperasi selam tiga tahun dan sudah memiliki 84 angkutan yang dijalankan menggunakan sistem buy the service. Tak hanya penumpang saja yang diperhatikan namun dengan adanya BRT Trans Jateng bisa menyerap ratusan tenaga kerja.

Satriyo mengatakan, penyerapan tenaga kerja memperhatikan kinerja dan integritas. Maka dari itu, selama ini manajemen pernah memberikan sanksi berupa pemecatan sebanyak empat kali.

Sampai Desember ini total penumpang yang menggunakan BRT Trans Jateng mencapai 8,8 juta orang. Harapannya nanti setelah koridor Terminal Penggaron-Terminal Gubug diharapkan bisa mencapai 10 juta.

Terkait operasional BRT Trans Jateng, sudah mendapat teguran tertulis dan surat peringatan total sebanyak 404 kali. Pihaknya juga telah mengembalikan 130 barang bawaan milik penumpang yang tertinggal. Hal ini dilakukan karena mendapatkan aduan dari penumpang BRT Trans Jateng.

Manajamen BRT Trans Jateng kedepannya akan fokus untuk mengembangkan sistem pembayaran nontunai. Tak hanya itu pengembangan aplikasi andorid “Si Anteng” juga dilakukan, untuk memudahkan masyarakat untuk menggunakan layanan tranportasi umum ini. (*)

Related Articles

Back to top button