fbpx
Kabar IndonesiaNasional

Manfaatkan Dana Desa, Pemerintah Dorong Program Bursa Inovasi Desa

ENERGIBANGSA.ID – Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia (Kemendes) telah mengucurkan dana desa hingga Rp257 triliun sejak lima tahun terakhir.

Dana tersebut diharapkan dapat digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan infrastruktur, dan pemberdayaan masyarakat.

Melihat realisasi pengelolaan dana desa yang cukup baik, pemerintah berencana untuk menambah jumlah dana menjadi Rp400 triliun pada periode selanjutnya. Tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur, dana desa juga difungsikan untuk menciptakan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui program bursa inovasi desa.

“Bersama bank dunia, ada program bursa inovasi desa. Kita menyediakan fasilitator untuk masyarakat supaya ide-idenya bisa tergali keluar sehingga dana desanya bisa berinovasi,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo saat memberikan arahan pada acara Workshop Pengawasan Program Inovasi Desa (PID) dengan tema “Pengawasan Program Inovasi Desa dalam rangka meningkatkan efektivitas pemanfaatan Dana Desa” di Hotel Sultan Jakarta pada Kamis (4/7).

Eko menilai program bursa inovasi desa ini dapat mendorong masyarakat pedesaan untuk dapat lebih kreatif dan pandai melihat peluang. Masyarakat perlu mencontoh desa-desa yang telah sukses melakukan inovasi agar tergerak motivasi dan upayanya.

Sebagai contoh di Kabupaten Tegal, dana desa sejumlah Rp1,12 triliun telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Hasilnya, dana tersebut mampu menekan tingkat kemiskinan yang ada di Kabupaten Tegal.

“Dana desa hendaknya mampu kita manfaatkan untuk menjadi daya ungkit peningkatan ekonomi masyarakat. Semua stakeholder, termasuk pemuda hendaknya kembali ke desa, membangun desa, sehingga desa memiliki daya tarik tersendiri,” ujar Taufik, Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tegal, sebagaimana dikutip Energi Bangsa dari inews.

Tantangan terbesar dalam mewujudkan bursa inovasi desa adalah mengedukasi masyarakat. Tingkat pendidikan masyarakat masih tergolong rendah, sehingga perlu dibangun pemahaman akan esensi dan manfaat dari program ini.

Oleh karena itu, Kemendes bekerjasama dengan forum Pertides untuk melakukan pendampingan dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di beberapa desa.

Sementara proses monitoring dan evaluasi akan dilakukan dengan melibatkan Ditjen PPMD dan satgas dana desa. Upaya ini dimaksudkan untuk menganalisis penyerapan anggaran, tingkat penyimpangan, dan tingkat keberhasilan program.

Sobat Energi, hal bursa desa inovasi adalah salah satu program yang bagus dan patut untuk kita dukung bersama. Jadi, yang tinggal di desa tetap bisa berkarya dan menjadi energi bangsa yang membanggakan.

Related Articles

Back to top button