fbpx
Kesehatan

Manfaat Daun Kari, Bisa Jadi Masker Hingga Cegah Rambut Uban

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Dikenal sebgai salah satu bumbu masakan kari, daun ini memiliki bentuk hampir serupa seperti daun salam namun dengan bentuk yang lebih kecil dan bau yang lebih menyengat.

Daun yang memiliki nama lain Salam Koja ini ternyata memiliki manfaat lain lho. Selain digunakan pada masakan, ternyata, daun kari punya khasiat lain untuk mengatasi uban.

Jika biasanya cara tercepat yang digunakan untuk menghilangkan atau menutupi uban adalah dengan mencabut uban atau mewarnainya, maka kini Anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan masker daun kari.

Mengutip dari CNNIndonesia, daun kari dapat memberi akar rambut Anda dorongan nutrisi yang sangat dibutuhkan, sehingga uban dapat berhenti dan rambut baru yang tumbuh memiliki tekstur yang lebih sehat.

Daun kari juga kaya akan antioksidan yang melembabkan kulit kepala sekaligus menghilangkan folikel rambut mati. Dikatakan daun kari dapat membantu memberi rambut Anda tekstur yang lebih gelap.

Penyebab rambut beruban

Rambut berubah menjadi abu-abu ketika tubuh berhenti memproduksi pigmen yang disebut melanin yang bertanggung jawab atas warna gelap rambut.

Dalam kebanyakan kasus, ini terjadi karena kurangnya nutrisi dan pola makan yang seimbang. Cara terbaik untuk mengatasi masalah kulit dan rambut seperti rambut kusam dan rusak, uban prematur dan ketombe dengan pengobatan rumahan, untuk meminimalkan efek samping.

Meski umum terjadi pada lansia, namun menurunnya fungsi folikel rambut itu bisa pula terjadi pada usia muda. Tak sedikit remaja atau dewasa awal yang sudah menemukan helaian rambut putih di kepalanya.

Anda bisa mencoba masker daun kari untuk mencegah uban yang mulai muncul di kepala. Untuk membuat masker daun kari ini, Anda hanya membutuhkan minyak kelapa dan daun kari.

Bahan yang dibutuhkan:

– 2 sdm minyak kelapa

– 10-12 lembar daun kari

Cara membuat:

1. Panaskan minyak kelapa. Matikan apinya.

2. Masukkan daun kari ke dalam minyak, biarkan esens nya menyerap ke dalam minyak dan dinginkan 20 menit.

3. Saat masih hangat pijat minyak ini ke helai rambut dan kulit kepala. Pijat-pijat.

4. Anda bisa membiarkannya semalaman, atau mencuci rambut setelah dua jam, menggunakan sampo ringan biasa.

5. Sebelum membilas rambut, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak Vitamin E agar rambut terasa lembut secara alami.

Mudah bukan? Selain bahan yang mudah didapatkan, dengan perawatan bahan alami juga membantu rambut Anda tetap sehat lho.

Related Articles

Back to top button